Bagian-bagian Bunga dan Cirinya yang Bisa Dipelajari Siswa

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 13 Okt 2021 08:40 WIB
Ilustrasi bunga.
Foto: (noviasihotang642/d'Traveler)
Jakarta -

Bunga adalah alat reproduksi generatif pada tumbuhan. Profesor botani, Avraham Fahn menyebut bunga adalah pucuk yang termodifikasi. Bunga juga dianggap sebagai ranting bersumbu pendek yang memiliki daun yang rapat dan bentuk yang sesuai dengan fungsinya.

Bagian-bagian bunga terdiri dari bagian utama dan bagian lainnya. Bagian utama bunga yaitu kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Sedangkan bagian lainnya yaitu dasar bunga, tangkai bunga, dan kelenjar madu.

Bunga memiliki fungsi utama yaitu sebagai alat perkembangbiakkan generatif. Dikutip dari laman SMAN 1 Gondang Mojokerto, bagian-bagian bunga antara lain:

1. Kelopak Bunga (Calyx)

Kelopak bunga umumnya berwarna hijau. Kelopak terletak pada bagian terluar dari bunga. Kelopak bunga tersusun atas sel-sel epidermis yang dilapisi oleh stomata, kitin, dan trikoma. Kelopak bunga berfungsi untuk melindungi bagian dalam bunga, terutama pada bunga yang masih kuncup.

2. Mahkota Bunga (Corolla)

Bagian-bagian bunga kedua yaitu mahkota bunga yang tipis. Mahkota bunga terletak pada lapisan kedua yang bersebelahan dengan kelopak. Mahkota bunga bertanggung jawab untuk memberikan warna dan keindahan pada bunga. Warna-warni mahkota bunga untuk memikat serangga yang membantu proses penyerbukan.

Bagian ujung mahkota memiliki bentuk dan warna yang beraneka ragam. Mahkota bunga juga tersusun dari sel-sel epidermis yang menonjol disebut dengan papilla. Bagian ujung mahkota bunga terdapat sel-sel nektaria yang menghasilkan cairan manis dan lengket atau dikenal sebagai nektar. Nektar adalah makanan serangga yang diambil dengan cara dihisap.

3. Benang Sari (Stamen)

Benang sari adalah alat kelamin jantan pada bunga. Pada benang sari terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Tangkai sari memiliki jaringan parenkim dan jaringan epidermis yang dilapisi oleh kutikula.

Benang sari memiliki lapisan dinding yaitu epidermis, endotesium, lapisan tengah, dan tapetum. Di dalam kepala sari terdapat kantong yang berisi serbuk sari yang berfungsi sebagai sel gamet jantan.

4. Putik (Pistilium)

Putik adalah alat kelamin betina pada bunga. Putik terletak di bagian tengah bunga. Putik memiliki beberapa bagian yaitu kepala, tangkai (ovulum), bakal buah (ovarium), dan sel telur (ovum).

Apabila putik dan benang sari telah membuahi satu sama lain, maka terjadi penyerbukan. Proses ini dimulai dari serbuk sari yang menempel di kepala putik lalu terjadi pembuahan (fertilisasi) yang akan menghasilkan buah dan biji.

5. Dasar Bunga

Dasar bunga merupakan bagian tempat tumbuhnya perhiasan bunga yaitu mahkota dan kelopak. Selain itu juga tumbuhnya alat kelamin bunga yaitu putik dan benang sari.

Itulah bagian-bagian bunga yang harus kalian ketahui. Pahami baik-baik dan jangan sampai salah ya, detikers.



Simak Video "Penampakan Bunga Bangkai di Depan Rumah Warga Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia