Batas Bentang Perairan Sebelah Barat Kawasan Asia Tenggara Lengkap

Kristina - detikEdu
Selasa, 12 Okt 2021 08:59 WIB
Kawasan Asia Tenggara dan batas lautnya
Foto: United Nations/Batas Bentang Perairan Sebelah Barat Kawasan Asia Tenggara Lengkap
Jakarta -

Asia Tenggara merupakan suatu kawasan yang terdiri dari 11 negara yang terbentang dari India Timur hingga China. Di mana batas bentang perairan sebelah barat Asia Tenggara?

Kawasan Asia Tenggara dibagi menjadi dua zona, yaitu mainland dan island. Mainland meliputi Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Sedangkan, zona island terdiri dari Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, Brunei Darussalam, dan negara baru Timor Timur yang sebelumnya menjadi bagian dari Indonesia.

Kondisi geografis mainland terdiri dari sungai panjang dari dataran tinggi yang memisahkan Asia Tenggara dari China dan barat laut India. Kawasan ini memiliki tipe dataran rendah yang luas dipisahkan oleh perbukitan hutan dan pegunungan. Dataran di wilayah ini subur dan cocok untuk masyarakat yang menanam padi seperti Thailand, Burma, dan Vietnam.

Sementara itu, kawasan island atau insular cenderung didominasi oleh pulau-pulau besar dan dikelilingi wilayah perairan. Wilayah ini terkenal dengan lautnya yang dangkal, agak hangat, dan tidak terlalu asin. Lingkungan itulah yang membuat banyak ikan, karang, rumput laut, dan biota laut lainnya ditemukan di tempat ini.

Dikutip dari buku Geografi dan Sosiologi untuk SMK Kelas IX oleh Sugiharyanto, kawasan Asia Tenggara merupakan pertemuan pegunungan muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Pertemuan tersebut terletak di perairan Maluku, sekitar kepulauan Banggai tepatnya di arah barat palung laut Banda.

Akibatnya, sering terjadi gempa tektonik di daerah yang terletak di pegunungan lipatan tersebut. Pergerakannya juga mengakibatkan terbentuknya gunung api aktif, terutama di wilayah Indonesia dan Filipina.

Batas Bentang Perairan Asia Tenggara

Kawasan Asia Tenggara secara astronomis terletak pada 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT. Secara geografis, wilayah Asia Tenggara diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Hindia di sebelah barat dan selatan dan Samudra Pasifik di sebelah timur. Selain itu wilayah ini juga diapit oleh Benua Asia di sebelah barat laut dan Benua Australia di sebelah selatan.

Batas bentang perairan di sebelah barat dari kawasan Asia Tenggara adalah Teluk Benggala dan Laut Andaman. Laut Andaman terletak di sebelah tenggara Teluk Benggala.

Berikut batas-batas kawasan Asia Tenggara:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan RRC, Teluk Tonkin, dan Laut China Selatan
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Bangladesh, Teluk Benggala, dan Laut Andaman
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Australia
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Papua Nugini

Letak astronomis Asia Tenggara mengakibatkan negara di kawasan tersebut beriklim tropis. Sedangkan, posisi geografisnya menyebabkan kawasan Asia Tenggara memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan menjadi jalur perdagangan yang strategis.



Simak Video "Jakarta yang Akhir-akhir Ini Lebih Dingin dari Biasanya"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia