Apa Hasil Pertanian Utama di Malaysia? Ini Jawabannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 06 Okt 2021 16:30 WIB
Ilustrasi Bendera Malaysia (AFP Photo)
Foto: AFP PHOTO/Apa Hasil Pertanian Utama di Malaysia? Ini Jawabannya
Jakarta - Perekonomian negara Malaysia yang paling utama didukung dari bidang pertanian, pertambangan, dan industri. Namun, masih banyak yang belum mengetahui apa hasil pertanian utama di Malaysia.

Hasil Pertanian Utama di Malaysia

Hasil pertanian utama di Malaysia yaitu padi, kelapa sawit, kelapa, karet, lada hitam, dan lain sebagainya. Hal itu turut didukung dengan lahan pertanian yang cukup luas.

Sebagian besar lahan pertanian tersebut terdapat di wilayah Malaysia Barat. Lebih dari 50% penduduk pedesaan di sana bekerja di sektor pertanian.

Selain pertanian, perekonomian Malaysia juga didukung oleh tambang. Hasil tambang yang utama adalah timah putih. Sedangkan hasil tambang lainnya, yaitu bauksit, besi, minyak dan gas bumi, serta batu bara.

Malaysia juga telah mengembangkan sektor industri. Devisa terbesar Malaysia diperoleh dari industri pengolahan karet dan minyak sekitar 47,8% dan sisanya dihasilkan oleh sektor jasa dan pariwisata.

Selain itu, hasil pertanian utama di Malaysia adalah padi, kelapa sawit, kelapa, karet, lada hitam, dan lain sebagainya, detikers juga perlu mengetahui beberapa hal tentang Malaysia. Apa saja itu?

Penjelasan Soal Negara Malaysia dikutip dari buku Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas 8 karya Nurhayati:

  • 1. Letak dan Luas Wilayah

Secara astronomis, Malaysia terletak pada 1oLU - 7oLS dan 100oBT - 120oBT. Malaysia sendiri terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Malaysia bagian Barat dan Timur.

Malaysia bagian barat terletak di Semenanung Malaka, sedangkan Malaysia bagian Timur terletak di bagian Utara Pulau Kalimantan. Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh Laut Cina Selatan.

Batas-batas wilayah Malaysia yaitu:

Utara: Thailand dan Laut Cina Selatan

Timur: Laut Sulu dan Laut Sulawesi

Selatan: Pulau Kalimantan dan Kepulauan Riau

Barat: Selat Malaka dan Pulau Sumatra

Luas wilayah Malaysia mencapai 329.750 km2. Luas wilayah tersebut terbagi menjadi 13 negara bagian. Di bagian barat terbagi menjadi 11 negara bagian yang terdiri dari Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor, dan Terengganu.

Bagian timur terdiri dari 2 negara bagian yaitu Sabah dan Serawak.

  • 2. Iklim

Malaysia beriklim muson tropis yang ditandai dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Seperti wilayah lain di Asia Tenggara, keadaan iklim tersebut dipengaruhi oleh angin musim. Umumnya temparatur di Malaysia Barat lebih rendah dibandingkan Malaysia Timur.

  • 3. Penduduk

Penduduk asli Malaysia adalah bangsa Semang dan Sakai (Malaysia Barat), dan bangsa Bajau, Brunei, Murut, Dayak, dan lain-lain (Malaysia Timur). Sedangkan untuk etnis pendatang yaitu Melayu, Cina, India, Pakistan, bangsa Eropa, Asia, dan lain-lain.

Jadi hasil pertanian utama di Malaysia adalah padi, kelapa sawit, kelapa, karet, lada hitam ya detikers!



Simak Video "Momen Piyu 'Padi Reborn' Parodikan Ayah Ojak Dihadapan Ayu Ting Ting"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia