Dear Siswa, Ini 3 Teknik Dasar Permainan Bola Voli yang Harus Diketahui

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 06 Okt 2021 09:00 WIB
Pebola voli Indonesia Aprilia Manganang melepaskan smash dalam pertandingan babak penyisihan grup A bola voli putri Asian Games 2018 melawan Thailand di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Senin (27/8). Indonesia kalah 1-3. ANTARA FOTO/INASGOC/Nugroho Sejati/mos/18
Foto: Nugroho Sejati/ANTARA FOTO/INASGOC
Jakarta -

Teknik dasar bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai hasil yang optimal.

Dengan teknik bermain bola voli yang baik dapat membantu kesiapan pemain dalam menghadapi permainan di lapangan. Berikut adalah beberapa teknik bermain bola voli yang perlu diperhatikan oleh setiap pemain.

Teknik dasar bola voli ini dapat dikuasai melalui proses latihan yang baik. Berikut adalah penjelasan teknik dasar bola voli yang dikutip dari buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan karya Asep Kurnia Nenggala:

1. Servis Atas

- Dilakukan dengan berdiri sambil memegang bola oleh salah satu tangan. Tempatkan salah satu kaki yang berlawanan dengan tangan pemukul di depan.

- Lambungkan bola ke atas melewati kepala, pukul bola ke atas melewati kepala, pukul bola tersebut dengan menyayunkan tangan pemukul dari belakang ke depan (ke arah bola).

- Lakukan gerakan lanjutan dengan melangkah kaki ke belakang ke depan dan meluruskan tangan pemukul ke depan mengikuti arah bola.

2. Mengumpan Bola (Passing the Ball)

Teknik lain yang harus dikuasai oleh setiap pemain adalah teknik mengumpan bola. Teknik ini memiliki dua jenis yaitu mengumpan bola atas dan mengumpan bola bawah.

a. Mengumpan Bola Atas

Cara melakukannya dengan berdiri rileks, kedua kaki dibuka selebar bahu dengan posisi sejajar (bisa juga posisi salah satu kaki di depan), pandangan diarahkan pada bola.

Tekuk kedua lutut sedikit dan tempatkan kedua tangan di depan muka. Kedua sikut ditekuk, kedua jari-jari tangan dibuka rileks. Kemudian doronglah bola dengan kedua telapak tangan sambil meluruskan kedua tangan (gerakan lanjutan) dan dibantu dengan meluruskan kedua tungkai.

b. Mengumpan Bola Bawah

Teknik dasar bola voli ini dilakukan dengan berdiri rileks, kedua kaki dibuka lebar dengan posisi sejajar (dapat juga posisi salah satu kaki di depan), pandangan diarahkan pada bola. Tekuk kedua lutut sedikit dan tempatkan kedua lengan lurus di depan badan dengan kedua tangan saling bertautan.

Ayun kedua tangan dari bawah ke atas (ke bola) dibantu dengan meluruskan kedua tungkai.

3. Memukul Bola Keras (Smash)

- Lambungkan bola ke atas melewati kepala, lentingkan badan sedikit ke belakang, kemudian gerakkan badan ke depan disertai gerakan mengayunkan tangan pemukul dari belakang ke depan (ke arah bola).

- Lakukan gerakan lanjutan dengan melangkahkan kaki belakang ke depan dan meluruskan tangan pemukul ke depan mengikuti arah bola. Jika perlu untuk menambahkan kerasnya bola lakukan gerakan lompatan sedikit ke depan.

Nah itu tadi adalah cara melakukan teknik dasar bola voli yang harus diketahui. Apakah detikers sudah mencobanya?



Simak Video "Usai Mudik, Segera Cek 7 Bagian Mobil Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia