Bagaimana Bunga Mawar Melindungi Dirinya? Ini Jawabannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 06 Okt 2021 10:00 WIB
Group of fresh beautiful red or scarlet roses on a rose bush close up view
Foto: Getty Images/iStockphoto/Aleksei Riumin
Jakarta -

Makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan memiliki kemampuan hidup untuk mempertahankan diri dari bahaya yang mengancam. Pertahanan diri tumbuhan berbeda dari hewan karena tumbuhan tidak bisa berpindah tempat. Oleh karena itu tumbuhan, seperti bunga mawar memiliki cara untuk melindungi diri dari musuh.

Tumbuhan melindungi dirinya dengan bagian tubuhnya. Contohnya yaitu bunga mawar melindungi dirinya dengan duri. Lalu bagaimana cara tumbuhan melindungi dirinya dari bahaya?

Berikut adalah macam-macam cara tumbuhan melindungi diri yang dikutip dari SIMPKB Guru Berbagi:

1. Tumbuhan yang Melindungi Diri dengan Duri

Selain bunga mawar yang melindungi dirinya dengan duri, ada beberapa tumbuhan lainnya yang juga melindungi diri dengan duri. Duri-duri tersebut terletak pada batang, daun, hingga buahnya.

Dengan adanya duri, hewan yang tadinya hendak memakan bagian-bagian tubuh tumbuhan akan terganggu karena tertusuk duri yang tajam. Berikut adalah contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan duri:

- Bunga mawar melindungi dirinya dengan duri yang ada pada batangnya. Sehingga susah untuk makhluk hidup lain hinggap pada batang bunga mawar.

- Buah durian memiliki pertahanan diri pada bagian buah yang berduri.

- Kaktus memiliki duri pada badan tumbuhan yang berfungsi untuk melindungi diri dari musuhnya.

2.Tumbuhan yang Melindungi Diri dengan Racun

Tumbuhan yang melindungi diri dengan racun akan mengeluarkan racun yang membuat musuhnya menjauh hingga mati karena racunnya. Contoh tumbuhan ini yaitu pohon jarak dan kecubung.

- Pohon jarak memiliki racun yang berbahaya pada bagian bijinya, jika bijinya termakan akan berakibat fatal bahkan berdampak pada kematian.

- Kecubung memiliki racun bernama risin. Kecubung adalah obat tradisional jika diolah secara tepat.

3. Tumbuhan yang Melindungi Diri dengan Getah

Tumbuhan yang melindungi diri dengan getah akan mengeluarkan getah lengket pada batang, daun, maupun buahnya. Getah berfungsi sebagai media transportasi unsur hara fotosintat dalam pembuluh angkut, getah juga berfungsi sebagai alat untuk perlindungan diri pada tumbuhan.

Contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan getah yaitu:

- Kamboja: getah yang dikeluarkan kamboja sangat banyak dan memiliki rasa yang pahit. Walaupun tidak memakannya, jika tidak sengaja tersentuh maka rasa getah yang pahit akan membekas.

- Pohon sawo memiliki getah yang sangat lengket dan apabila ada hewan yang hinggap maka mungkin bisa lekat pada pohon sawo tersebut.

- Pohon nangka memiliki getah yang sangat lengket.

4. Tumbuhan yang Melindungi Diri dengan Cangkang Keras

Tumbuhan menggunaka cangkang keras dari buahnya untuk bisa melindungi bakal bijinya. Cangkang berfungsi melindungi dirinya agar tidak dimakan oleh hewan pemakan biji atau tumbuhan, sehingga ia dapat berkecambah dan dapat meneruskan kehidupannya.

Contoh tumbuhannya yaitu:

- Pohon kelapa memiliki tinggi yang menjulang dan buah yang dilapisi dengan cangkang tebal dan keras.

- Biji mahoni merupakan inti dari buah pohon mahoni dimana biji mahoni ini sendiri memiliki sistem pertahanan diri yang cukup bagus karena memiliki kulit yang keras.

- Kelapa sawit memiliki buah yang kulitnya cukup keras sehingga perlu berusaha untuk memakan buah dari kelapa sawit tersebut.

5. Tumbuhan yang Melindungi Diri dengan Bau Menyengat

Ada beberapa tumbuhan yang melindungi dirinya dengan mengeluarkan aroma tertentu. Tumbuhan ini yaitu bunga bangkai yang sengaja mengeluarkan aroma bangkai untuk menghindari hewan lain yang akan memakannya.

Jadi bunga mawar yang melindungi dirinya dengan duri dan penjelasan di atas merupakan contoh perlindungan diri tumbuhan dari musuh. Pahami baik-baik ya!



Simak Video "Istilah Unik di Pasar Pakis, Pasar Mawar Terbesar Di Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia