Ternyata Ini 7 Penyebab Laptop Cepat Rusak, Jangan Disepelekan Ya!

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 03 Okt 2021 11:00 WIB
beautiful and young black girl who studies and works with a laptop around the city, blogger and smart worker in times of epidemic surf the internet, use multimedia content, use of protective mask in times of epidemic
Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrea Migliarini/Ternyata Ini 7 Penyebab Laptop Cepat Rusak, Jangan Disepelekan Ya!
Jakarta - Laptop menjadi perangkat elektronik yang diperlukan di tengah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang masih berjalan. Namun, jangan sepelekan beberapa hal yang jadi penyebab laptop cepat rusak.

Pasalnya, keberadaan laptop saat penting untuk dijaga. Dengan begitu, detikers yang masih menempuh PJJ tidak akan mengalami kendala dalam kegiatan belajar.

Melansir laman resmi Institut Teknologi Batam (Iteba), berikut ini penyebab laptop cepat rusak.

7 Penyebab Laptop Cepat Rusak yang Harus Diwaspadai

1. Memasang charger laptop kurang tepat

Kebiasaan orang ketika melakukan pengisian adalah dengan memasang charger ke laptop terlebih dahulu baru memasang colokan ke saluran listrik. Padahal hal itu berbahaya karena bisa merusak laptop, lho.

Cara yang tepat adalah dengan memasang kabel charger ke listrik terlebih dahulu baru memasangkannya ke laptop. Hal itu untuk menghindari loncatan daya pada colokan listrik yang masih tidak stabil.

2. Charger laptop tanpa memasang baterai

Banyak yang salah paham ketika baterai sudah tidak berfungsi maksimal mereka menyalakan laptop dengan charger yang terpasang colokan listrik tanpa adanya baterai di dalamnya.

Hal itu memang bisa menjadi solusi, tapi sebenarnya hal tersebut berpotensi merusak motherboard laptop. Saat memasang colokan charger ke listrik tanpa adanya baterai bisa menimbulkan loncatan daya listrik yang tidak teratur sehingga bisa menyebabkan konsleting.

3. Sering mengisi daya laptop meski belum habis

Alih-alih menjaga laptop agar tetap menyala dan menghindari mati tiba-tiba, mengisi daya laptop sebelum habis bisa merusak, lho. Apalagi jika kamu sering mengisi baterai.

Sebaiknya, hindari mengisi daya laptop saat persentase baterai di atas 30%. Namun, hindari juga mengisinya saat baterai kosong. Kedua hal tersebut membuat kualitas baterai berkurang.

4. Memangku laptop

Buat kamu yang sering memangku laptop, sebaiknya mulai sekarang hal itu dihindari karena dapat membuat aliran udara di bawah laptop terhambat sehingga udara panas dari laptop terperangkap.

Kondisi laptop saat dipangku menyebabkan laptop harus bekerja keras dengan sirkulasi tertutup. Karena itu, laptop cepat panas dan menimbulkan overheat dalam komponen laptop.

5. Menaruh benda berat di atas laptop

Ketika laptop berada di meja atau di tas, seringkali tidak diperhatikan benda di sekitarnya. Padahal memberi beban atau tekanan pada laptop bisa merusak layar laptop, lho.

Setelah memakai laptop sebaiknya kamu pastikan jangan sampai ada benda berat di atas laptop. Selain itu, saat membawa laptop di dalam tas usahakan laptop pada posisi tidak tertekan benda lain.

Kerusakan layar laptop biasanya ditandai dengan muncul garis vertikal atau horizontal. Jika terus dilakukan, layar laptop akan rusak secara permanen dan harus diganti.

6. Meletakkan benda cair dekat laptop

Baik saat bekerja maupun melakukan sekolah online, jangan sampai ada benda cair seperti minuman atau makanan lain di dekat laptop.

Hal itu karena laptop adalah benda elektronik yang berisiko mengalami kerusakan jika terkena benda cair. Jadi, sebaiknya kamu menghindari meletakkan minuman di sekitar laptop.

7. Menutup layar laptop saat masih menyala

Jangan biasakan menutup layar laptop saat masih menyala. Jika dilakukan asal atau sembarangan, bisa merusak laptop terutama pada bagian LCD. Sebaiknya, sebelum mematikan laptop, matikan layar dengan shut down atau hibernate.

Itulah 7 penyebab laptop cepat rusak yang harus diwaspadai. Mulai sekarang detikers harus hati-hati menggunakan laptop, ya!

Simak Video "Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia