Rahasia Lafaz Bismillah Tiap Sebelum Makan, Kamu Mau Tahu?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 02 Okt 2021 06:00 WIB
Group Of People Dining Concept
Foto: iStock/Rahasia Lafaz Bismillah Tiap Sebelum Makan, Kamu Mau Tahu?
Jakarta - Ada rahasia pada lafaz bismillah atau basmalah, yang merupakan kependekan dari bismillahirrahmannirrahiim. Rasulullah SAW bersabda pentingnya membaca basmalah tiap kali mengawali aktivitas. Berikut haditsnya.

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Artinya: "Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan 'bismillah', maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahannya." (HR Al Khatib).

Ustaz Khalid Basalamah melalui unggahan video di Instagramnya yang bertajuk 'Jangan Lupa untuk Bismillah!!' menjelaskan alasan mengapa lafaz 'bismillah' memiliki kedudukan yang penting untuk diterapkan oleh umat muslim.

"Makan, minum, berpakaian, berinteraksi, apa saja. Anda kalau tidak menyebutkan nama Allah, maka secara otomatis setan ada ikut partisipasi," kata Ustaz Khalid dalam unggahan video Instagram miliknya @khalidbasalamahofficial, dikutip Jumat (1/9/2021).

Karena itu, Ustaz Khalid mengatakan perlunya melantangkan suara saat membaca doa sebelum makan. Biasanya setelah disuguhi makanan yang lezat atau sudah merasa lapar, kata Ustaz Khalid, kita cenderung lupa membaca 'bismillah' hingga terkadang berhasil dikelabui oleh setan.

"Dan kita kadang-kadang dikelabui oleh setan, supaya dia menghilangkan berkah makanan tersebut, tidak baca bismillah," kata Ustaz Khalid melalui kanal Youtube Lentera Qalbu.

Ustaz Khalid juga menjelaskan salah satu hadits shahih dari sabda Rasulullah SAW yang menyebutkan keajaiban dari membaca 'bismillah' sebelum makan atau minum. Berdasarkan penuturannya, lafaz basmalah bisa membuat setan menjadi kecil seperti lalat.

"Siapa yang membaca bismillah pada saat mau makan atau minum di sini, maka setan di sebelahnya akan mengecil seperti lalat. Anda tidak bisa lagi punya pengaruh dengan dia (setan). Hanya dengan membaca bismillah," katanya.

Adapun bacaan hadits yang dimaksud oleh Ustaz Khalid ini merupakan hadits yang dinarasikan dari Walid Abu Malih, ia mencertikana bahwa ayahnya pernah dibonceng oleh Rasulullah saat naik unta. Ia berkata,

كُنْتُ رَدِيفَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَعَثَرَتْ دَابَّتُهُ فَقُلْتُ تَعِسَ الشَّيْطَانُ . فَقَالَ لاَ تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولَ بِقُوَّتِى وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

Artinya: Ketika aku dibonceng Nabi SAW tiba-tiba unta beliau tergelincir. Serta merta aku mengatakan, "Celakalah setan." Maka beliau bersabda,

"Jangan kamu katakan, 'celakalah setan,' sebab jika kamu katakan seperti itu maka setan akan membesar sebesar rumah dan dengan sombongnya syetan akan berkata, 'itu terjadi karena kekuatanku'. Akan tetapi, ucapkanlah 'Bismillah' sebab jika engkau mengucapkan basmalah setan akan mengecil hingga seukuran lalat." (HR Abu Dawud).

Ustaz Khalid juga menambahkan dengan membaca 'bismillah' apapun pekerjaan yang tengah dilakukan, selama bernilai kebaikan, akan mendatangkan keberkahan untuk umat muslim.

"Kalaupun ada setan di situ, dia (setan) akan kecil dan tidak akan bisa mengganggu kita," demikian Ustaz Khalid.

Jadi, jangan lupa baca bismillah sebelum makan atau minum ya!

Simak Video "Klarifikasi Ustaz Basalamah Soal Video Larang Nyanyi Indonesia Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia