Ternyata, Ini Masjid Pertama yang Didirikan Rasulullah SAW di Madinah

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 25 Sep 2021 07:00 WIB
Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun Rasulullah pada 8 Rabiul Awal pada 1 Hijriyah. Berada 5km dari masjid Nabawi atau sebelah tenggara di luar kota Madinah. Memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama. Dua diantaranya dibuka untuk jamaah Pria dan 1 untuk jemaah wanita. 

Masjid ini memiliki 4 menara yang menjulang tinggi. Masjid ini juga memiliki enam kubah besar, masing-masing berdiameter 12 meter dan 56 kubah kecil yang berdiameter enam meter.
Foto: Istimewa/internet/Ternyata Ini Masjid Pertama yang Didirikan Rasul di Madinah
Jakarta - Masjid pertama yang didirikan Rasulullah SAW setibanya di Madinah adalah masjid Quba. Pendirian masjid dilakukan usai Rasulullah SAW dan para sahabat hijrah dari Makkah.

Orang-orang Anshor dari kaum Aus dan Khazraj menyambut kedatangan mereka dengan penuh suka cita. Sebagai masid pertama, masjid Quba dibangun pada 8 Rabiul Awwal 1 Hijriah atau 23 September 622 Masehi

Nabi Muhammad ikut terlibat membawa bahan-bahan bangunan, hingga dipenuhi debu dan pasir. Dikutip dari buku Amalan di Tanah Suci: Membantu Haji & Umrah Anda Lebih Produktif karya H Rafiq Jauhary, masjid Quba berdiri di atas kebun kurma seluas 1.200 meter persegi.

Masjid direnovasi hingga luasnya mencapai 5.860 meter persegi dan mampu menampung 20 ribu jamaah. Masjid tak hanya menjadi pusat dakwah atau tempat ibadah, tapi juga penyelesaian masalah individu dan masyarakat.

Masalah kenegaraan, pendidikan, hingga sidang ikut diselesaikan di masjid. Masjid Quba menjadi saksi penerimaan duta-duta negara lain, pertemuan pemimpin-pemimpin Islam, hingga madrasah.

Ketika masjid pertama bagi umat Islam ini selesai dibangun, Rasulullah SAW mengimani sholat selama 20 hari. Buku Amazing Stories Kisah Sejuta Inspirasi Muhammad yang ditulis Muhammad Khalid menyatakan, Nabi SAW pergi ke Masjid Quba tiap Sabtu, Senin, dan Kamis.

Masjid Quba memiliki beragam keistimewaan yang tercantum dalam Al Quran. Misalnya dalam QS At Taubah ayat 108,

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

Artinya: "Janganlah engkau melaksanakan salat dalam masjid itu selama-lamanya. Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan salat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang-orang yang bersih."

Bahkan keutamaan beribadah di Masjid Quba juga termaktub dalam hadits yang dinarasikan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA. Ia pernah mendengar Rasulullah bersabda,

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ أَتَى مَسْجِدَ قُبَاءٍ فَصَلَّى فِيهِ صَلاَةً كَانَ لَهُ كَأَجْرِ عُمْرَةٍ

Artinya: "Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia sholat di dalamnya. Maka baginya pahala seperti pahala umrah," (HR Tirmizi dan Ibnu Majah).

Nah, itu dia masjid pertama yang didirikan Rasulullah setibanya di Madinah. Gimana detikers? Mulai tertarik untuk sholat di masjid Quba juga nggak?

Simak Video "Perusakan Masjid Ahmadiyah: Banjir Kecaman hingga Pelaku Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia