Keunikan Benua Amerika: Flora, Fauna, hingga Bentang Alam

Olivia Sabat - detikEdu
Jumat, 24 Sep 2021 17:00 WIB
Fransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari dari Universitas Parahyangan Bandung. Keduanya berhasil mencapai puncak tertinggi di Benua Amerika, yakni pegunungan Aconcagua.
Puncak tertinggi di benua Amerika, yakni pegunungan Aconcagua. Ini keunikan benua Amerika dibandingkan benua lainnya ( .Foto: Facebook Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpari)
Jakarta -

Setiap benua memiliki ciri khasnya termasuk benua Amerika. Keunikan benua Amerika dibandingkan benua lainnya dapat dilihat dari beberapa hal baik itu flora, fauna, dan bentang alamnya.

Ada baiknya kita kenalan dahulu dengan keunikan benua Amerika, yuk. Berdasarkan sejumlah catatan sejarah, benua Amerika pertama kali ditemukan oleh penjelajah asal Eropa, yakni Christopher Columbus pada 1492.

Nama Amerika diambil dari penjelajah asal Italia Amerigo Vespuci untuk mengenang jasanya dalam mempopulerkan benua Amerika ke benua Eropa.

Batas Wilayah dan Negara di Benua Amerika

Benua Amerika berada di belahan bumi bagian barat dan berada di antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik, serta diapit Samudera Arktik dan Samudera Pasifik.

Batas wilayah Benua Amerika:

  • Utara: Laut Arktik dan Pulau Greenland,
  • Timur: Samudera Atlantik,
  • Selatan: Samudera Pasifik Selatan,
  • Barat: Selat Bering dan Samudera Pasifik.

Memiliki luas 42.188.000 km2, benua Amerika terbagi menjadi empat bagian, yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan, dengan total 35 negara

Daftar 35 negara di Benua Amerika.

  • Amerika Utara: Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.
  • Amerika Tengah: Kepulauan Bahama, Republik Kuba, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Haiti, Dominika, Puerto Rico, Saint Kitts dan Nevis, Martinique, Antigua dan Barbuda, Barbados, Jamaika, Saint Lucia, dan Belize.
  • Amerika Selatan: Trinidad dan Tobago, Argentina, Guiana, Brasil, Chili, Kolombia, Ekuador, Bolivia, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, dan Venezuela.


Bentang Alam Benua Amerika

Letak astronomis benua ini di 170°BT-35°BB dan 83°LU - 55°LS, ini menyebabkan terdapat keunikan benua Amerika secara fisik jika dibandingkan dengan benua lainnya. Benua ini membentang dari ujung paling utara ke ujung selatan sekitar 15.000 km

Dengan jarak seperti itu, benua Amerika juga memiliki berbagai bentang alam yang menjadikannya unik. Keadaan alam Benua Amerika dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Simak penjelasan di bawah ini yang dikutip dari halaman web Sumber Belajar Kemdikbud.

1. Bentang Alam Amerika Utara

Secara garis besar keadaan alam Amerika Utara terdapat Pegunungan Rocky yang terdiri atas Pegunungan Cascade, Pegunungan Sierra Madre Barat, dan Pegunungan Sierra Madre Nevada. Kemudian, terdapat lembah yang sangat luas dan terbesar di dunia, yaitu Grand Canyon.

Selain itu, keadaan alam Amerika Utara juga banyak dijumpai sungai besar, yakni Sungai Missisipi, Sungai Missouri, Sungai Arkansas, Sungai Colorado, dan Sunya Rio Grande.

2. Bentang Alam Amerika Tengah

Secara geologi, keadaan alam Amerika Tengah sangat rumit dan tidak teratur. Sebagian besar kawasan ini didominasi oleh plato dan pegunungan dengan plato yang terkenal adalah Plato Meksiko yang memiliki rata-rata ketinggian 2.500 m.

3. Bentang Alam Amerika Selatan

Keadaan alam di kawasan ini dapat dibagi menjadi tiga, yakni pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Rangkaian pegunungan yang terkenal adalah Pegunungan Andes yang dengan puncak tertingginya Gunung Aconcagua yang merupakan puncak tertinggi di benua Amerika.

Tidak hanya itu, daerah Amerika Selatan memiliki dataran tinggi utama, yaitu Dataran Tinggi Guyana, Dataran Tinggi Patagonia, dan Dataran Tinggi Brasil. Ketiga dataran tinggi ini merupakan mata air dari beberapa sungai besar, salah satunya Sungai Amazon.

Dataran rendahnya pun sangat luas dan subur, salah satunya adalah Hutan Amazon yang sangat luas.


Iklim Benua Amerika

Karena keunikan benua Amerika secara fisik yakni letaknya di 83°LU - 55°LS membuat benua ini memiliki empat iklim yang beragam berdasarkan letak setiap kawasan, nih.

Dikutip dari laman web Sumber Belajar Kemdikbud, Benua Amerika memiliki empat iklim, yaitu iklim kutub, iklim subtropis, iklim tropis, dan iklim gurun.

Iklim kutub memiliki ciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang sangat pendek. Iklim ini mempengaruhi daerah paling utara Benua Amerika. Iklim subtropis berciri memiliki empat musim yang terdiri dari musim dingin, semi, panas, dan gugur. Iklim ini meliputi kawasan sebelah selatan dan kawasan paling utara.

Kemudian, iklim tropis adalah iklim dengan ciri curah hujan dan kelembapan yang tinggi, serta suhu yang panas sepanjang tahun. Amerika Tengah dan Amerika Selatan adalah kawasan yang memiliki iklim ini.

Terakhir, iklim gurun adalah iklim yang memiliki ciri perubahan suhu yang selalu berubah-ubah dengan cepat dan memiliki curah hujan yang rendah. Iklim ini meliputi kawasan-kawasan yang berada di balik pegunungan. Keunikan benua Amerika dibanding benua lainnya yakni memiliki semua iklim.

Selanjutnya Flora dan Fauna Benua Amerika >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia