Mengenal Budaya Pencak Silat yang Diakui sebagai Warisan Takbenda UNESCO

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 23 Sep 2021 19:00 WIB
Pencak Silat telah ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda pada Desember 2019 lalu. Rupanya pencak silat juga memiliki peranan penting dalam sejarah penyebaran Islam di Indonesia.
Foto: Getty Images/Suhaimi Abdullah
Jakarta -

Pencak silat adalah budaya asli dari negara Indonesia. Pencak silat sendiri juga merupakan kesenian bela diri yang telah diakui oleh dunia. Pencak silat juga merupakan olahraga yang telah diwariskan oleh leluhur dari generasi ke generasi.

Melansir dari laman Direktorat SMP, tradisi pencak silat berasal dari Sumatra Barat dan Jawa Barat. Tradisi ini kemudian dikembangkan di berbagai daerah di tanah air. Pencak silat dari berbagai daerah memiliki keunikan gerakan dan musik penggiringnya masing-masing,

Terdapat hal membanggakan dari tradisi pencak silat yaitu telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda pada tahun 2019. Penobatan tersebut dilakukan di acara Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang berlangsung di Kolombia.

Pencak silat sendiri telah diakui oleh Unesco dan menjadi identitas sekaligus pemersatu bangsa. Pencak silat mengandung nilai-nilai persahabatan, sikap saling menghormati, dan juga sportifitas.

Pencak silat adalah budaya asli dari negara Indonesia. Di Indonesia seni bela diri yang cukup dikenal lainnya adalah silat. Ada perbedaan dari silat dengan pencak silat. Tradisi pencak silat yang diusulkan oleh Indonesia lebih fokus kepada filosofi sehingga erat kaitannya dengan deskripsi Warisan Budaya Takbenda UNESCO untuk kemanusiaan.

Sedangkan untuk silat sendiri diajukan oleh Malaysia sebagai warisan dunia lebih ke aspek olahraga bela diri.

Warisan Budaya Takbenda atau intangible cultural heritage merupakan warisan kebudayaan yang tidak dapat dipegang (sifatnya abstrak) seperti konsep dan teknologi. Menurut UNESCO, Warisan Budaya Takbenda adalah berbagai praktik, representasi, ekspresi, pengetahuan, keterampilan, serta instrumen, obyek, artefak dan ruang-ruang budaya terkait dengannya.

Selain itu, pencak silat Indonesia juga merupakan salah satu olahraga yang meraih banyak prestasi di level internasional. Contohnya pada Asian Games 2018 lalu, dari 16 kelas pertandingan cabang olahraga pencak silat, Indonesia berhasil membawa 14 medali emas dan 1 medali perunggu.

Jadi pencak silat adalah budaya asli dari negara Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Detikers harus bangga akan pencapaian tersebut ya!



Simak Video "Atraksi Pencak Silat saat Maulid, Takalar"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia