6 Jenis Iklim Amerika Serikat yang Variatif

Kristina - detikEdu
Kamis, 23 Sep 2021 16:34 WIB
A pedestrian walks through Boston Common during a winter snow storm in Boston, Massachusetts, U.S., January 17, 2018.   REUTERS/Brian Snyder
Foto: REUTERS/Brian Snyder
Jakarta - Amerika Serikat atau United State of Amerika (USA) merupakan negara yang terletak di kawasan benua Amerika Utara. Negeri Paman Sam ini dikenal memiliki iklim yang variatif.

Dikutip dari buku Geografi untuk Kelas XII oleh Hartono, secara geografis, wilayah Amerika Serikat berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, Samudra Atlantik di sebelah timur, dan Samudra Pasifik di sebelah barat.

Amerika Serikat memiliki 50 negara bagian. 48 di antaranya terletak di daratan utama yakni antara Kanada dan Meksiko, sementara dua di antaranya terpisah dari daratan utama. Keduanya adalah Alaska yang terletak di ujung barat laut Amerika Utara dan negara bagian pulau Hawaii yang berada di tengah Samudra Pasifik.

Amerika Serikat adalah negara terbesar ketiga di dunia dengan populasi lebih dari 325 juta, menurut Biro Sensus AS. Selain penduduk asli Amerika yang sudah tinggal di benua itu, penduduk Amerika Serikat dibangun atas imigrasi dari negara lain. Hal itulah yang menyebabkan Amerika Serikat menjadi negara multikultural.

Selain memiliki budaya yang beragam, Amerika Serikat juga memiliki iklim yang beragam. Mulai dari iklim laut sedang hingga iklim kering atau stepa.

Iklim Amerika Serikat

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca di suatu tempat dalam jangka waktu yang lama, dilansir dari SciJinks. Iklim ditentukan oleh sistem iklim suatu wilayah. Terdapat lima komponen utama yang digunakan dalam sistem iklim, antara lain atmosfer, hidrosfer, kriosfer, permukaan tanah, dan biosfer.

Sistem iklim di Amerika Serikat bervariasi. Sebagian besar iklim di Amerika Serikat dipengaruhi oleh tempat dan waktu dalam kurun waktu satu tahun, dilansir dari National Centers for Environmental Information, National Oceanic and Atmospheric Administration, Amerika Serikat.

Berikut 6 iklim Amerika Serikat:

1. Iklim Laut Sedang yang basah di pantai barat bagian utara
2. Iklim Subtropis di daratan pantai bagian selatan dan di sebagian besar wilayah Amerika Serikat.
3. Iklim Kering (Stepa) di Dataran Tinggi Colorado, Great Basin dan Central Plain, padang rumput Prairi.
4. Iklim Laut Sedang di wilayah timur Amerika Serikat
5. Iklim Dingin di sebagian negara Alaska
6. Iklim Laut Tropis di Kepulauan Hawaii

Amerika Serikat juga dipengaruhi oleh iklim kutub (subarktik), tepatnya di wilayah Alaska. Di Alaska, suhu udara cenderung lebih rendah karena terletak di dekat kutub. Rata-rata suhu di wilayah tersebut sekitar -18°C sampai -35°C di musim dingin dan 5°C-15°C di musim panas.

Secara umum, Amerika Serikat memiliki 4 musim, antara lain musim semi, panas, gugur, dan dingin. Pada musim dingin, suhu udara dapat mencapai -30°C. Sementara itu, sebagian besar wilayah Amerika Serikat pada musim panas dapat mencapai suhu 27°C.

Simak Video "Gempa M 8,2 Guncang Alaska, Berpotensi Tsunami!"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia