Jalur Barat Bangsa Deutro Melayu ke Indonesia, Ini Wilayahnya

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 23 Sep 2021 15:00 WIB
Jalur Austroasiatik dan jalur Austronesia.
Jalur Austroasiatik yang mirip dengan jalur barat persebaran Deutro Melayu ke Indonesia. Foto: Wikimedia Commons
Jakarta - Deutro Melayu merupakan salah satu nenek moyang bangsa Indonesia. Bangsa Deutro Melayu berasal dari dataran Dongson di Vietnam Utara yang menyebar masuk ke Indonesia. Jalur mana saja yang dilalui bangsa Deutro Melayu ke Indonesia?

Jalur barat yang dilalui bangsa Deutro Melayu ke Indonesia adalah dari daratan Asia ke Thailand, Malaysia Barat (Semenanjung Malaka), lalu ke tempat-tempat di nusantara sekitar 500 SM. Deutro Melayu disebut juga Melayu Muda (Deutero Melayu), seperti dikutip dari Modul 3 Napak Tilas Manusia Indonesia - Sejarah Paket C Setara SMA/MA oleh Kemendikbud.

Kedatangan bangsa Deutro Melayu ke nusantara membawa perubahan penting terhadap corak kehidupan penduduk asli. Kelompok Deutro Melayu memperkenalkan cara bercocok tanam, memelihara hewan seperti kerbau, sapi, kuda, babi, dan lain-lain untuk konsumsi dan binatang korban.Bangsa Deutro Melayu atau orang Dongson memiliki kebudayaan yang ditandai oleh pengerjaan logam dengan sempurna. Menurut ahli prasejarah Von Heine Geldern, kebudayaan Dongson berpusat di Tongkin, yang kualitas barang-barang perunggu buatannya sudah tinggi, seperti dikutip dari buku Seri IPS 1 Sejarah SMP Kelas VII oleh Drs. Prawoto, M.Pd.

Cara bertani bangsa Deutro Melayu masih sangat sederhana, yaitu dengan membakar hutan. Tetapi, saat itu cara tersebut sudah dianggap sebagai kemajuan yang luar biasa.

Bangsa Deutro Melayu membabat hutan untuk mengolah lahan dan membuat usaha irigasi tanah pertanian. Karena itu, bangsa Deutro Melayu mencari daerah seperti Jawa dan pantai-pantai Sumatra untuk digarap seperti di daerah asal.

Selain Dongson, bangsa Melayu Muda ini berasal dari daerah Bacson-Hoabinh. Wilayah ini juga terletak di pesisir Vietnam, di sekitar Teluk Tongkin.

Kedatangan bangsa Deutro Melayu yang menetap dan mendirikan perkampungan membuat sebagian penduduk asli menolak dan pergi ke daerah pedalaman atau menuju ke wilayah Indonesia timur hari ini. Sementara itu, sejumlah penduduk asli menerima dan hidup bersama bangsa pendatang tersebut.

Jadi, jalur barat yang dilalui bangsa Deutro Melayu ke Indonesia adalah dari daratan Asia ke Thailand, Malaysia Barat (Semenanjung Malaka), lalu ke tempat-tempat di nusantara. Selamat belajar, detikers!

Simak Video "Studi: Hanya 7% Populasi Dunia yang Punya DNA Unik 'Manusia Modern'"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia