6 Penyebab Laptop Mudah Rusak, Siswa Harus Tahu!

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 23 Sep 2021 09:01 WIB
Asus Vivobook Ultra 15 (K513)
Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring membuat siswa harus bisa merawat smartphone atau laptop agar tetap bisa dipakai untuk belajar. Apalagi jika laptop digunakan dalam waktu yang lama dan membuka banyak aplikasi.

Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan laptop mudah rusak. Apa saja? Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop mudah rusak dikutip dari laman resmi Institut Teknologi Batam (Iteba).


6 Penyebab Laptop Mudah Rusak


1. Cara memasang charger laptop

Biasanya kamu akan memasang charger ke laptop terlebih dahulu atau memasang charger ke saluran listrik terlebih dahulu?

Hal ini penting untuk diketahui sebelum kamu memiliki laptop. Ternyata untuk menghindari laptop yang cepat rusak kamu harus memasang kabel charger ke listrik terlebih dahulu sebelum memasangkannya ke laptop.

Hal itu disebabkan loncatan daya pada colokan listrik masih tidak stabil sehingga dapat menyebabkan motherboard laptop cepat rusak.


2. Mengisi daya laptop meski baterai belum habis

Seringkali terjadi ketika saat digunakan, pemilik laptop mengisi daya laptop meski baterai belum habis. Padahal hal itu membuat laptop akan mudah rusak jika kamu sering mengisi baterai.

Sebaiknya, hindari mengisi daya laptop saat persentase baterai di atas 30%. Namun, hindari juga mengisinya saat baterai kosong. Kedua hal tersebut membuat kualitas baterai berkurang.


3. Meletakkan laptop di pangkuan

Pasti kamu sering duduk sambil memangku laptop? Nah mulai sekarang sebaiknya hal itu dihindari karena meletakkan laptop di pangkuan dapat membuat aliran udara di bawah laptop terhambat sehingga udara panas dari laptop terperangkap.

Hal itu membuat laptop harus bekerja keras dengan sirkulasi tertutup. Karena itu, laptop cepat panas dan menimbulkan overheat dalam komponen laptop.


4. Sering meletakkan benda berat di atas laptop

Penting untuk diperhatikan bahwa setelah memakai laptop, pastikan jangan sampai ada benda berat di atas laptop. Hal tersebut berisiko merusak layar laptop.

Biasanya, layar laptop rusak ditandai dengan muncul garis vertikal atau horizontal. Jika terus dilakukan, layar laptop akan rusak secara permanen dan harus diganti.


5. Meletakkan benda cair di dekat laptop

Setiap hari ketika sekolah daring atau PJJ pastinya ada minuman atau makanan yang mendampingi. Nah jika kamu sering meletakkan minuman, seperti kopi atau jus di dekat laptop, sebaiknya kamu tidak melakukan hal itu lagi.

Laptop adalah benda elektronik yang berisiko mengalami kerusakan jika terkena benda cair. Jadi, sebaiknya kamu menghindari meletakkan minuman di sekitar laptop.


6. Menutup layar laptop secara asal

Setelah menggunakan laptop, biasanya semua orang langsung menutup layar. Ternyata, hal tersebut tak boleh dilakukan sembarangan, terutama pada bagian LCD.

Mulai saat ini, ubahlah kebiasaan mematikan laptop dengan shut down atau hibernate dan langsung menutup layar dan memasukkannya dalam tas atau menyimpannya di laci.

Nah, itulah 6 penyebab laptop mudah rusak yang harus siswa ketahui.

Simak Video "Peluang Ekosistem Digital di Balik Program Laptop Gratis Kemdikbud"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia