Apa Induk Organisasi Senam Indonesia? Ini Sejarahnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 16 Sep 2021 11:00 WIB
Warga berolahraga senam pagi di desa Bojong Kulur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/6/2021). Aktivitas olahraga diharapkan membangun imunitas tubuh di masa pandemi.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Senam adalah olahraga yang mengutamakan gerak badan berbagai bentuk dengan keselarasan dan berkesinambungan. Induk olahraga senam Internasional adalah Federation Internationale de Gymnastique (FIG).


Dalam olahraga, senam sendiri dapat diartikan sebagai latihan tubuh yang bertujuan untuk mengaktifkan seluruh anggota tubuh dan persendian agar tidak terjadi kekakuan. Dengan rutin melakukan gerakan-gerakan tubuh baik secara statis maupun dinamis, kelenturan tubuh bisa berkembang.


Jika induk organisasi senam Internasional adalah FIG, lantas apa nama induk organisasi senam Indonesia? Berikut ulasannya dikutip dari 'BUKU AJAR SENAM DASAR' oleh Dr. Harwanto, S.T. dan kawan-kawan.


Sejarah Senam Indonesia


Senam mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1912, saat zaman penjajahan Belanda. Saat itu, senam ditetapkan sebagai mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah.


Mulanya, senam pertama kali dikenalkan dengan menggunakan sistem Jerman, yakni kemungkinan-kemungkinan gerakannya yang kaya sebagai alat pendidikan. Namun sistem tersebut berganti dengan sistem Swedia pada tahun 1916 yang gerakannya lebih menekankan pada manfaat bergerak.


Sistem tersebut diperkenalkan oleh seorang perwira kesehatan dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr. H.F. Minkema.


Melalui Minkema inilah senam di Indonesia mulai menyebar terutama pada tahun 1918 saat ada pembukaan kursus senam Swedia di kota Malang untuk tentara dan guru.


Induk Organisasi Senam Indonesia adalah ...


Induk Organisasi Senam Indonesia adalah Persatuan Senam Indonesia (Persani). Induk organisasi senam Indonesia tersebut didirikan pada tanggal 14 Juli 1963.


Pada tahun 1964 di mana cabang olahraga senam menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Ganefo (Games of the New Emerging Forces) yaitu sebagai pesan olahraga yang baru muncul.


Dari peristiwa Ganefo itulah senam artistik mulai dikenal luas di Indonesia sehingga pada tahun 1969 senam dipertandingkan untuk pertama kalinya di PON VII di Surabaya.


Ciri-Ciri dan Kaidah-Kaidah Senam


Dalam buku AJAR SENAM DASAR juga dijelaskan ciri-ciri dan kaidah-kaidah senam, di antaranya adalah:


- Gerakan latihan senam harus selalu direncanakan, dipilih dan diciptakan baik oleh guru, pelatih bahkan oleh pelaku sendiri


- Gerakan senam yang sudah dipilih harus disusun secara sistematis sebagai satu kebulatan rangkaian


- Penyusunan pemilihan gerakan tersebut harus disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan si pelaku.


Itulah induk organisasi senam Indonesia dan sejarah awal masuknya senam sebagai mata pelajaran di sekolah. Semoga detikers semakin paham, ya!

Simak Video "Senam Massal di Jakbar: Satpol PP Salah Duga-Instruktur Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia