10 Rumus Excel dan Fungsinya untuk Bantu Pekerjaan, Kamu Wajib Kuasai Nih

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 15 Sep 2021 08:00 WIB
Microsoft Excel
Foto: dok WeAreMarketing
Jakarta -

Mengetahui berbagai rumus Excel merupakan hal yang sangat penting. Apalagi, hal ini berlaku jika detikers sering menggunakan aplikasi spreadsheet tersebut dalam pekerjaan.

Excel adalah sebuah software yang berguna untuk mengelola data, membuat diagram, grafik, dan sebagainya. Di bawah ini ada 10 rumus Excel yang bisa mempermudah pekerjaan kalian, melansir dari CNBC Indonesia.

Tetapi, jangan lupa untuk mendahului seluruh rumus dengan tanda sama dengan (=), sebelum memilih fungsi yang digunakan. Selanjutnya, kalian bisa memilih kolom atau baris yang akan menerapkan rumus Excel tersebut.

10 Rumus Excel dan Fungsinya

1. SUM

Rumus SUM difungsikan untuk menjumlahkan angka-angka. Rumus ini dapat diaplikasikan untuk menambahkan data tiap cell, data tiap range, ataupun data dalam beberapa range.

2. IF

Rumus IF difungsikan untuk mengembalikan nilai, apabila ada pernyataan yang bernilai benar. Rumus IF juga dapat didunakan untuk menampilkan nilai jika pernyataan bernilai salah.

Rumus ini juga dapat dipakai pada berbagai kondisi, caranya dengan menggabung beberapa fungsi IF sekaligus.

3. LOOKUP

Fungsi LOOKUP adalah mencari nilai data pada suatu kolom atau row. Tetapi, sebetulnya LOOKUP sudah jarang dimanfaatkan karena beralih ke VLOOKUP serta HLOOKUP.

4. VLOOKUP

Seperti disebutkan sebelumnya, untuk mencari nilai data, kini lebih sering digunakan VLOOKUP. Setelah nilai tersebut ditemukan, maka akan ditunjukkan nilai di kolom yang lain, menurut urutan kolom yang dituju.

5. MATCH

Fungsi rumus MATCH adalah mencari suatu nilai di sebuah tabel. MATCH juga akan menampilkan nomor urutan nilai yang dicari.

6. CHOOSE

Rumus CHOOSE difungsikan untuk memilih dan menunjukkan suatu nilai di sekumpulan nilai. Rumus ini dapat digunakan untuk memilih satu dari 254 nilai menurut nomor indeks.

7. DATE

Fungsi DATE adalah menunjukkan nomor seri yang sekuensial dengan representasi tanggal. Rumus ini bermanfaat apabila menemukan suatu situasi yang mana tahun, bulan, dan tanggal ada pada cell yang terpisah.

8. DAYS

DAYS dapat digunakan untuk menghitung jumlah hari pada dua tanggal. Dan tak hanya itu, fungsi ini juga bisa dipergunakan untuk menghitung mundur sebuah acara atau menunjukkan masa kedaluwarsa.

9. FIND

Rumus FIND berguna untuk menemukan suatu teks atau potongannya dalam cell yang berisi sebuah teks panjang. Rumus ini juga dapat menghitung tiap karakter, baik byte tunggal atau ganda sebagai satu, terlepas pengaturan default bahasanya.

10. INDEX

Fungsi INDEX adalah mengambil atau menghasilkan nilai range atau tabel. Fungsi tersebut akan mengambil suatu nilai tertentu pada range atau tabel, sebagaimana dengan yang diinginkan.

Nah, itu dia sederet rumus Excel serta fungsinya yang dapat detikers gunakan untuk memudahkan pekerjaan. Semoga bermanfaat!



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia