3 Negara di Asia Tenggara dengan Penduduk Mayoritas Islam

Kristina - detikEdu
Jumat, 10 Sep 2021 14:35 WIB
Masjid Sultan Omar Ali Saefudin
Foto: Riswihani/d'travelers
Jakarta -

Kawasan Asia Tenggara terdiri dari 11 negara. Dari jumlah tersebut, ada tiga negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Apa saja?

Sejarah masuknya Islam ke kawasan Asia Tenggara dilatarbelakangi oleh aktivitas perdagangan, perkawinan, dakwah, dan pembauran masyarakat muslim Arab, Persia, dan India dengan masyarakat pribumi, dilansir dari Portal Informasi Indonesia.

Menurut Thomas W Arnold dalam bukunya The Preaching of Islam, sejarah penyebaran dan perkembangan Islam di kawasan Asia Tenggara berlangsung secara damai. Diperkirakan Islam masuk wilayah ini sejak abad ke-7 Masehi.

Hingga abad ke-10 M, hanya ada sedikit bukti tentang kehadiran Islam di Asia Tenggara. Namun, pada saat itu, dengan munculnya perusahaan dagang Belanda dan Inggris di wilayah tersebut, bukti penyebaran Islamisasi cukup besar. Wilayah persemakmuran Islam di Asia Tenggara begitu luas sehingga proses penciptaannya disebut "ekspansi Islam kedua", mengacu pada ekspansi awal dari Arab ke Afrika Utara dan Bulan Sabit Subur, dilansir dari Encyclopedia.

Negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara di antaranya adalah Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Negara Mayoritas Muslim di Asia Tenggara

Menurut data Statista, pada tahun 2020 diperkirakan 87 persen penduduk Indonesia beragama Islam. Indonesia memiliki jumlah umat Islam terbesar di Asia Tenggara, diikuti oleh Brunei dan Malaysia. Indonesia juga memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, dengan perkiraan 229,6 juta Muslim. Berikut rincian data negara di kawasan Asia Tenggara yang penduduknya mayoritas beragama Islam yaitu:

1. Indonesia

Negara di kawasan Asia Tenggara yang penduduknya mayoritas beragama Islam terbesar yaitu Indonesia. Menurut data Statista, perkiraan populasi Muslim di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 87% dari total populasi.

Sementara itu, berdasarkan Data Sensus Penduduk 2010 Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, pemeluk agama Islam di Indonesia mencapai 87,18% yakni 207.176.162 jiwa.

2. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam menjadi negara dengan pemeluk Islam terbesar kedua di Asia Tenggara. Penduduk muslim di negara Petro Dollar ini mencapai 75% dari populasi, berdasarkan perkiraan Statista.

Sementara itu, International Religious Freedom Report for 2020, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat melaporkan, berdasarkan sensus terbaru, tahun 2011, sebanyak 78,8% penduduk Brunei Darussalam adalah Muslim, 8,7% Kristen, dan 7,8% Buddha, sedangkan sisanya 4,7% terdiri dari agama lain, termasuk kepercayaan asli.

3. Malaysia

Negara kawasan Asia Tenggara dengan penduduk mayoritas beragama Islam selanjutnya adalah Malaysia. Pada tahun 2020, Statista memperkirakan pemeluk Islam di Malaysia mencapai 66% dari populasi yang ada.

Jadi, negara di kawasan Asia Tenggara yang penduduknya mayoritas beragama Islam yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia ya, detikers!



Simak Video "Bangladesh Memanas, Demonstran Umat Islam-Hindu Saling Tuntut Keadilan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia