Durasi Pertandingan Sepak Bola Menurut Aturan Internasional, Sudah Tahu?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 09 Sep 2021 18:30 WIB
Kondisi Stadion Mandala Jayapura yang akan digunakan sebagai venue cabang olahraga (cabor) sepakbola PON XX, Kota Jayapura, Papua, Jumat (2/7/2021). Stadion bertaraf internasional tersebut, memiliki papan skor digital, tv layar besar, lampu stadion berkapasitas 1200 Lux, rumput lapangan Zoysia Matrella, dengan fasilitas ruang ball boy, ruang pijat, ruang jumpa pers, wifi, toilet, tribun VIP, tribun VVIP, lintasan lari, dan arena lompat jauh. ANTARA FOTO/Indrayadi TH/foc.
Foto: Indrayadi TH/Indrayadi TH
Jakarta -

Setiap pertandingan sepak bola adalah momen yang menarik bagi banyak orang, terlebih jika klub kesayangannya sedang bermain. Tapi berapa lama sih sebenarnya lama pertandingan sepak bola?

Secara umum, aturan-aturan yang ada dalam sepak bola harus sesuai dengan standar yang ditentukan FIFA. Sedangkan dalam pertandingannya, aturan ditentukan oleh International Football Association Board (IFAB).

Berikut ulasan mengenai durasi dalam suatu pertandingan sepak bola berdasarkan "Buku Olahraga Paling Lengkap" oleh Sukma Aji.

Durasi Pertandingan Sepak Bola

Dalam suatu pertandingan sepak bola waktu yang digunakan adalah 2 babak dengan masing-masing durasi sebanyak 45 menit. Di antara 2 babak tersebut terdapat waktu istirahat.

Waktu istirahat dalam permainan ini paling lama adalah 15 menit. Kemudian ada juga waktu tambahan atau dikenal dengan additional time yang diberikan dalam suatu pertandingan akibat kehilangan waktu.

Lama waktu tambahan bergantung pada hilangnya waktu yang disebabkan pergantian pemain, pemberian sanksi, mengulur waktu, atau perayaan gol. Tambahan tersebut ditentukan berdasarkan pertimbangan wasit.

Pada kasus tertentu, ada juga waktu tambahan yang diberikan apabila dalam waktu normal (2x45 menit) pertandingan seri, namun memerlukan pemenang.

Waktu tambahan tersebut diberikan sebanyak 2 babak dengan masing-masing babak adalah 15 menit. Apabila dalam waktu tambahan 2x15 menit skor masih berimbang maka akan dilanjutkan dengan adu tendangan penalti.

Terjadinya kick off, goal, dan offside

Dalam suatu pertandingan sepak bola, kick off bisa dilakukan dalam kondisi-kondisi seperti berikut ini:

- memulai pertandingan

- setelah terjadinya gol

- memulai babak kedua

- memulai babak perpanjangan waktu

Ketika permainan dimulai, bola bisa dikatakan keluar apabila bola melewati garis lapangan pertandingan atau bisa juga ketika pertandingan tiba-tiba dihentikan oleh wasit dengan alasan tertentu misalnya ada yang cedera.

Sementara untuk aturan gol, terjadi ketika bola masuk ke dalam jaring dengan tidak terjadi offside, bola menyentuh tangan (selain kiper) dan atau pelanggaran.

Gol juga bisa terjadi dengan tendangan bebas, tendangan penalti, dan gol bunuh diri. Untuk sah atau tidaknya gol akan ditentukan oleh wasit.

Adapun offside akan terjadi jika pemain berada di area lawan di mana ketika bola menuju pemain tersebut, dia berada di garis terakhir pertahanan lawan.

Terjadinya offside ditandai dengan bendera yang diangkat oleh asisten wasit atau bisa juga dengan Video Assistant Referee (VAR).

Terjadinya Pelanggaran dan Penalti

Dalam suatu pertandingan sepak bola, hal-hal yang dianggap pelanggaran di antaranya adalah tekel yang keras, menyentuh bola, memukul atau menjagal lawan secara sengaja, dan sebagainya.

Setiap pelanggaran akan dikenakan peringatan bertahap, apabila dianggap keras makan bisa mendapatkan kartu peringatan berwarna merah dan kuning.

Kartu kuning untuk peringatan pelanggaran namun pemain masih dapat melanjutkan pertandingan, namun apabila mendapatkan kartu merah pemain harus keluar dari lapangan dan tidak dapat melanjutkan pertandingan.

Setelah adanya pelanggaran, biasanya pemain lawan mendapatkan tendangan bebas. Tendangan tersebut dilakukan di area tempat terjadinya pelanggaran dan dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

Untuk tendangan bebas secara langsung diarahkan langsung ke gawang, sementara tendangan tidak langsung bola dioperkan ke timnya terlebih dahulu.

Namun apabila sebuah pelanggaran berada di area kotak penalti lawan maka akan dilakukan tendangan penalti. Pelanggaran tersebut bisa berupa handball atau sengaja menjatuhkan lawan dengan sengaja.

Tendangan penalti dilakukan di depan garis gawang oleh satu orang penendang dengan bola berada pada posisi lingkaran tendangan penalti dan pemain lain harus berada di luar kotak terlarang serta berada di belakang bola.

Aturan lemparan ke dalam, tendangan gawang, dan tendangan sudut

Apabila bola meninggalkan lapangan maka akan dilakukan lemparan ke dalam oleh tim lawan. Lemparan dilakukan dengan posisi kedua tangan saat melempar bola berada di atas kepala.

Jika bola keluar di area garis gawang tanpa masuk ke jaring makan akan dilakukan tendangan gawang. Tendangan tersebut diputuskan oleh wasit.

Sementara jika bola keluar garis gawang dengan menyentuh pemain sendiri, maka pemain lawan melakukan tendangan sudut. Jika bola keluar ke arah kanan gawang, tendangan sudut dilakukan di sudut kanan lapangan, begitupun sebaliknya.



Simak Video "Remaja Ukraina Kembali Bermain Sepak Bola Walau Stadion Porak-poranda"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia