10 Pekerjaan Paling Dicari Tahun 2025 dan Jurusan Kuliah, Apa Aja?

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 06 Sep 2021 17:45 WIB
Infografis 5 Profesi yang dicari di Kala pandemi
Ilustrasi pekerjaan paling dicari di 2025. Ilustrasi: Lutfy S
Jakarta -

Jurusan kuliah sesuai minat semakin membuat semangat dengan mengetahui prospek karirnya ke depan. Data prospek karier ke depan salah satunya bisa dipelajari dari survei pasar tenaga kerja World Economic Forum (WEF).

Laporan WEF Forecast for Labour Market Evolution in 2020-2025 atau Prediksi Perkembangan Pasar Tenaga Kerja Tahun 2020-2025 di antaranya merinci 20 profesi yang akan paling banyak dicari dan yang akan menurun popularitasnya pada tahun 2025.

Sebelumnya di artikel bagian pertama, detikEdu sudah merangkum 10 profesi paling dicari di 2025 dan jurusan kuliah masing-masing. Di artikel tersebut, detikers bisa mengetahui jurusan kuliah apa yang bisa diambil untuk menjadi seorang Data Analyst sampai Internet of Things Specialist.

Bagi detikers yang ingin mulai merencanakan memilih jurusan kuliah di SNMPTN, SBMPTN, dan ujian masuk kuliah lainnya, daftar prospek pekerjaan beserta jurusan paling dicari hingga 2025 bagian kedua berikut bisa jadi bahan pertimbangan.

Pekerjaan paling dicari di tahun 2025 dan jurusan kuliah masing-masing dirangkum detikEdu dari laman kampus masing-masing sebagai berikut.

Pekerjaan paling dicari di tahun 2025 dan jurusan kuliah

1. Project Managers

Posisi manajer proyek bisa ditempuh dengan berkuliah di jurusan yang relevan dengan bisnis yang dijalani sebuah perusahaan. Di samping itu, pengalaman profesional bertahun-tahun di bidang pekerjaan yang relevan dengan senioritas yang meningkat seiring lama berkarier juga mendukung kamu mencapai posisi Project Managers.

Selain itu, untuk menjadi manajer proyek, pada umumnya seseorang bisa belajar di jurusan bisnis, ilmu komputer. Berbagai kampus di Indonesia menyediakan pendidikan jurusan ini, seperti prodi Kewirausahaan dan prodi Manajemen di Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Mata kuliah IBE (Integrated Business Experience) di SBM memberi kesempatan mahasiswa untuk menjalankan bisnis sendiri dengan menggunakan modal peminjaman bank.

2. Business Services and Administration Managers

Seorang manajer di bidang business services dan administration bertugas merencanakan, mengarahkan, berkoordinasi, dan mengorganisir fungsi-fungsi administratif sebuah bisnis. Untuk menjadi Business Services and Administration Managers, kamu perlu memiliki kecakapan analitis, matematika, dan kepemimpinan. Pada umumnya, kamu bisa belajar di jurusan bisnis untuk belajar lebih dalam ilmu dan kecakapan yang dibutuhkan di profesi ini.

Berbagai perguruan tinggi memiliki pendidikan S1 bisnis atau yang setara, seperti prodi Manajemen Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI), dan Bisnis Islam di UI.

3. Database and Network Professionals

Bidang database dan network bisa dipelajari di jurusan terkait teknologi informasi dan ilmu komputer.

Sejumlah universitas terbaik di Indonesia yang menyediakan pendidikan terkait yakni prodi Teknik Informatika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

4. Robotics Engineers

Untuk menggeluti profesi Robotics Engineer, detikers bisa mengambil kuliah di jurusan terkait teknik robotika, teknik elektro, matematika, pemrograman, dan ilmu komputer.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan pendidikan terkait teknik robotika, di antaranya prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan di Universitas Airlangga (Unair), Teknik Elektro di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Prodi Teknik Mekatronika di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya juga menyediakan pendidikan bagi kamu yang tertarik menggeluti salah satu pekerjaan paling dicari di 2025 ini.

Selanjutnya jurusan kuliah untuk profesi Strategic Advisors>>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia