Intip 3 Tips Jitu Memulai Karier sebagai Analisis Data

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 05 Sep 2021 09:00 WIB
analisis big data
Foto: internet/Intip 3 Tips Jitu Memulai Karier sebagai Analisis Data
Jakarta - Saat ini dunia data merupakan bagian penting dari teknologi. Hal tersebut menyebabkan karier sebagai analisis data mulai dicari-cari.

Menurut Tantut Wahyu Setyoko, selaku analis data di Ruparupa.com, saat ini pekerjaan di bidang IT memerlukan banyak pekerja tambahan di bidang analisis data. Hal tersebut terlihat di sektor Backend Developer naik sebanyak 22 kali lipat jumlah pekerja yang dibutuhkan.

Selain analisis data, pekerjaan sebagai data Scientist, android developer, dan yang berhubungan data masih sangat diperlukan.

"Sebelumnya orang-orang tidak aware dengan data, tapi saat ini data sangat berperan penting untuk menentukan kepentingan bisnis. Sehingga di Indonesia angkanya naik sebesar 20 persen," kata Tantut yang dikutip detikEdu dari laman Unair.

Jika ingin memulai karier sebagai analisis data, pelamar harus memahami terkait dengan big data. Menurut Tantut, big data merupakan salah satu parameter kesuksesan dari usaha yang dirintis.

Misalnya saja dalam membuat website, perintis harus mengetahui segmen pasar atau pengguna yang akan dituju. Sehingga sangat perlu untuk berkolaborasi dengan orang-orang pemasaran.

"Jika sudah membuat apps tapi tidak ada yang menggunakan, itu sama saja membangun rumah tapi tidak ada yang menempatinya," ujar Tantut.

Ia juga menjelaskan jika pengguna internet akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi seorang analis data.

"Jika kita ingin mengetahui kebiasaannya customer sedang membahas e-commerce kita apa, kita bisa tarik data (sentiment analysis) untuk membuat strategi lainnya," kata Tantut.

"Kita cari sentimen positif dan negatifnya bagaimana, lalu kita provide untuk menyediakan apa yang belum ada pada lainnya," tambah Tantut.

Berikut adalah 3 tips jitu memulai tips sebagai analisis data

1. Memahami Pasar

Memahami pasar berarti kemampuan untuk mengambil, memahami, memproses, dan menyaring nilai dari suatu data serta memvisualisasikannya adalah keahlian yang sangat dibutuhkan untuk menganalisis data.

Dengan kemampuan tersebut, pemasar dapat mengetahui hal yang disukai oleh konsumen dan membuat strategi pemasaran yang lebih baik.

2. Perilaku Konsumen

Konsumen merupakan kunci penting dari penjualan. Dengan memahami dan kebiasaan konsumen, target pasar akan tercapai. Hal tersebut dapat terlihat dari waktu dan jumlah konsumen melakukan transaksi.

Tantut juga mengatakan jika kita dapat mengetahui siapa saja konsumen baru yang ada pada data, maka pekerjaan analisis data kita akan semakin baik. Jika data terus digunakan untuk menganalisis konsumen, promosi kepada konsumen baru akan berjalan lancar dan tidak beralih dari bisnis kita.

3. Berinovasi

Dalam menganalisis data bisnis tentu banyak kendala yang ditemui seperti keluhan konsumen. Dengan memiliki data dan analisis yang baik, akan memperlancar dan memudahkan untuk mencari tahu akar permasalahan dan cara mengatasinya.

Aplikasi menganalisis data sangat banyak, yang harus dilakukan adalah memilihnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Poin terpentingnya yaitu memperbanyak jam terbang dalam analisis data.

Simak Video "Jenis Pekerjaan yang Diminati di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia