7 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Meja Belajar

Lusiana Mustinda - detikEdu
Minggu, 05 Sep 2021 08:00 WIB
Young woman planting flower.
Foto: Getty Images/agrobacter/7 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Meja Belajar
Jakarta -

Tak hanya alat tulis, meja belajar juga bisa dihiasi dengan tanaman hias yang cantik. Tanaman hias adalah mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu ataupun pohon yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman hingga penghias ruangan.

Menghias meja belajar bisa membuat para siswa ataupun mahasiswa semakin bersemangat mengerjakan tugas. Pilih dekorasi estetik yang bisa kamu lihat di YouTube ataupun Pinterest.

Lalu apa saja tanaman hias yang cocok diletakkan di meja belajar? Yuk simak:

1. Kaktus

Collection of Colorful Potted Hibotan Cacti pr Moon Cactus Plants at House VerandaCollection of Colorful Potted Hibotan Cacti pr Moon Cactus Plants at House Veranda Foto: Getty Images/iStockphoto/lovelypeace


Belum pernah merawat tanaman hias? Kamu bisa memulainya dengan merawat kaktus. Tanaman berduri ini tidak memerlukan penyiraman dengan frekuensi sering. Kamu cukup menyiramnya seminggu sekali dan pastikan pencahayaan cukup. Ketika musim hujan, kaktus hanya perlu disiram tiga minggu sekali.

2. Lidah Buaya

Aloe Vera Plant in a light yellow pot in bright natural light.Aloe Vera Plant in a light yellow pot in bright natural light. Foto: Getty Images/iStockphoto/Crystal Bolin Photography


Dilansir dalam The Spruce, tanaman lidah buaya mudah tumbuh jika dilengkapi dengan cahaya terang. Jika meja terletak di dekat jendela yang cerah, letakkan tanaman di sana dan cukup siram seminggu sekali.

Pilih lidah buaya yang berukuran kecil agar cantik ditaruh di atas meja belajar. Campurkan pasir kaktus di bagian atas untuk memastikan drainase pada tanaman ini optimal sehingga lidah buaya dapat tumbuh dengan subur.

3. ZZ Plant

Zamioculcas is a tropical perennial plant native to eastern Africa.Zamioculcas is a tropical perennial plant native to eastern Africa. Foto: Getty Images/iStockphoto/OleseaV

ZZ Plant yang dikenal di Indonesia dengan sebutan pohon dolar ini memang sangat cocok jadi tanaman hias di dalam ruangan. ZZ Plant memiliki nama latin Zamioculus Zamifolia, tanaman ini toleransi terhadap cahaya rendah dan memiliki kemampuan untuk tumbuh dengan sedikit air.

Tanaman dolar cocok dijadikan sebagai hiasan meja kerja atau meja belajar kamu detikers.

4. Philodendron

house plant heart leaf Philodendron vine in white pothouse plant heart leaf Philodendron vine in white pot Foto: Getty Images/iStockphoto/Premyuda Yospim

Apakah kamar kamu memiliki cahaya yang masuk? Philodendron bisa kamu tanam di pot menjadi dekorasi meja. Philodendron membutuhkan kelembaban teratur untuk menjaga penampilannya tetap subur.

Beberapa jenis tanaman Philodendron bisa dijadikan sebagai tanaman rambat dan gantung yang indah.

Ada tanaman yang bisa ditaruh dalam media air >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia