Cara Membuat Bir Pletok, Minuman Rempah Khas Betawi

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 03 Sep 2021 14:45 WIB
Bir pletok
Foto: Instagram
Jakarta -

Bir pletok adalah minuman penyegar dari Betawi. Komposisi bir pletok yaitu dari berbagai macam rempah-rempah.

Bir pletok dibuat dengan cara menaruh campuran rempah-rempah tersebut ke dalam bambu, dan jika tempatnya ditutup dan dituangkan akan berbunyi pletok. Versi kedua yaitu apabila ditaruh di teko, dicampur es karena teko bahannya alumunium, dikocok dan berbunyi pletok.

Sedangkan versi ketiga yaitu dicampur dengan buah secang, buahnya jika tua berwarna hitam, dibuang bijinya dan dipukul hingga berbunyi pletok menjadi bir pletok.

Walaupun bernama bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Asal katanya berasal dari bi'run yang berarti abyar atau sumber mata air.

Bahan Baku dan Alternatif Bahan Baku

Bir pletok dibuat dari campuran beberapa rempah seperti jahe, daun pandan wangi, kayu manis, cengkeh, pala, kapulaga, dan serai. Agar warnanya menarik dapat ditambahkan kayu secang, yang akan memberikan warna merah jika diseduh dengan air panas.

Pembuatan bir pletok menggunakan beberapa variasi jenis sesuai selera seperti gula pasir, gula batu, atau gula serta pewarna alami. Pewarna alami yang digunakan adalah secang untuk merah serta pandan untuk warna hijau.

Beberapa formula juga menggunakan komposisi jahe yang lebih besar dan mengandung garam kapulaga yang divariasikan pada pembuatan sirup bir pletok.

Proses Produksi

Bir pletok dibuat dengan cara sebagai berikut. Penjelasan di bawah dikutip dari buku Ensiklopedia Produk Pangan Indonesia Jilid 2 karya Winiati P Rahayu, dkk:

1. Jahe dibakar, lalu digeprek.

2. Kayu manis, serai, kapulaga, pala, cengkeh, dan secang dicuci.

3. Semua bahan dicampur dalam air, kemudian direbus selama 15 menit.

4. Hasil rebusan disaring kemudian ditambahkan daun pandan dan gula.

5. Campuran direbus kembali hingga mendidih.

6. Hasil rebusan disaring dan siap untuk diminum.

Cara Konsumsi Bir Pletok

Bir pletok biasanya dikonsumsi masyarakat Betawi pada malam hari sebagai penghangat. Apabila diminum bir pletok akan terasa peda, selanjutnya badan akan terasa hangat.

Bir pletok memiliki berbagai khasiat antara lain yaitu memperlancar peredaran darah, meredakan nyeri lambung, radang sendi, dan masuk angin serta mengurangi rasa mual, batuk, dan gejala flu ringan.

Selain itu juga meningkatkan nafsu makan, membantu menurunkan tekanan darah, dan lain-lain.

Jadi bir pletok dibuat dengan cara seperti yang dijelaskan di atas. Detikers sudah pernah mencoba bir pletok belum?



Simak Video "Sunat ala 'Bengkong' Betawi, Prosesnya Diklaim Cuma 2 Menit"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia