Apa Manfaat Bir yang Diminum oleh Bangsa Barat? Ini Penjelasannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 03 Sep 2021 14:30 WIB
Pabrik Bir Tertua di Duni Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Mesir
Foto: Facebook Ministry of Tourism and Antiquities/AP/Apa Manfaat Bir yang Diminum oleh Bangsa Barat? Ini Penjelasannya
Jakarta -

Bangsa barat memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi bir. Ternyata, bir adalah minuman beralkohol populer yang dibuat dengan menyeduh dan memfermentasi biji-bijian sereal dengan ragi, hop, dan zat penyedap lainnya.

Bir biasanya mengandung alkohol hingga 4-6%, tetapi di dalam minumannya dapat berkisar antara antara 0,5-40%. Walaupun beralkohol ternyata ada loh manfaat bir yang diminum oleh bangsa barat.

Berikut adalah penjelasan manfaat bir yang diminum oleh bangsa barat yang dilansir dari laman Healthline:

Nutrisi Bir

Bir mengandung sejumlah kecil kalium, kalsium, tiamin, zat besi, dan seng. Kandungan vitamin dan mineral B adalah hasil dari bir yang dibuat dari biji-bijian sereal dan ragi.

Bir yang beralkohol ringan memiliki sekitar dua pertiga kalori bir biasa dan sedikit alkohol. Selain itu bir juga mengandung sejumlah kecil mikronutrien.

Manfaat Bir yang Diminum Bangsa Barat Adalah...

1. Bermanfaat untuk Jantung

Beberapa bir menunjukkan, bahwa bir ringan hingga sedang dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Sebuah studi 12 minggu pada 36 orang dewasa dengan kelebihan berat badan menemukan bahwa asupan bir moderat - satu minuman untuk wanita, dua minuman untuk pria per hari - meningkatkan sifat antioksidan kolesterol HDL (baik). Sementara juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan kolesterol.

Perlu diingat bahwa manfaat bir dapat dirasakan apabila dikonsumsi dalam asupan ringan hingga sedang. Jika terlalu banyak akan meningkatkan penyakit jantung dan stroke.

2. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat bir yang diminum oleh bangsa barat adalah mengurangi resistensi insulin - faktor risiko diabetes - serta risiko keseluruhan untuk mengembangkan diabetes tipe 2 pada asupan alkohol ringan hingga sedang.

Penting juga untuk dicatat, bahwa manfaat potensial ini tidak berlaku untuk bir dan minuman beralkohol lainnya yang mengandung gula dalam jumlah tinggi.

3. Manfaat Lainnya

Bir dapat membantu kepadatan tulang. Asupan bir rendah hingga sedang dapat membantu menguatkan tulang.

Bir juga dapat menurunkan resiko demensia. Asupan alkohol ringan hingga sedang dapat menurunkan risiko demensia. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko.

Jadi, manfaat bir yang diminum oleh bangsa barat adalah berupa mengurangi beberapa gejala penyakit. Namun, mengonsumsi bir berlebihan juga memiliki risiko pada kesehatan ya, detikers!



Simak Video "Bea Cukai Musnahkan Miras Hingga Rokok Ilegal Senilai Rp 13,89 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia