Pohon Mangga: Cara Menanam hingga Panennya

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 03 Sep 2021 08:47 WIB
Asia, Vietnam, Agriculture, Asian Market, Close-up, Asian Nations, Bunch, Business
Cara menanam pohon mangga Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario
Jakarta -

Pohon mangga adalah tanaman buah tahunan yang berasal dari India. pohon mangga kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Malaysia dan Indonesia.

Di Indonesia, pohon mangga yang banyak ditanam adalah mangga arumanis, golek, gedong, manalagi dan cengkir dan Mangifera foetida yaitu kemang dan kweni.

Berikut adalah syarat tumbuh pohon mangga hingga cara panennya yang dikutip dari laman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY:

Syarat Tumbuh

1. Iklim

Pohon mangga tumbuh di daerah musim kering selama tiga bulan. Pada masa kering ini diperlukan sebelum dan sewaktu berbunga. Jika pohon mangga ditanam di daerah basah akan terserang hama dan penyakit serta gugur bunga/buah jika bunga muncul pada saat hujan.

2. Media Tanam

- Tanah yang mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang seimbang.

- Memiliki derajat keasaman (pH tanah) 5.5-7.5. Jika pH di bawah 5,5 sebaiknya dikapur dengan dolomit.

3. Tempat Ketinggian

Pohon mangga ditanam di daratan rendah dan menengah dengan ketinggian 0-500 m dpl. Jika ditanam pada ketinggian tersebut akan menghasilkan buah yang lebih bermutu dan jumlahnya lebih banyak daripada di dataran tinggi.

Cara Panen

1. Ciri dan Umur Panen

Pohon mangga yang dicangkok akan berbuah pada umur 4 tahun. Sedangkan mangga okulasi akan panen pada umur 5-6 tahun. Banyaknya buah panen pertama hanya 10-15 buah, pada tahun ke 10 jumlah buah dapat mencapai 300-500 buah/pohon. Panen besar biasanya jatuh di bulan September-Oktober.

Buah dapat dipanen apabila ada yang jatuh karena matang satu buah per pohon. Buah yang dipetik juga buah yang masih keras.

2. Cara Memanen

Saat memetik buah, buah tidak boleh sampai terpotong, tercongkel atau jatuh sampai memar. Sebaiknya buah dipetik pada sore hari dengan menggunakan pisau tajam maupun galah yang ujungnya terdapat pisau dan keranjang penampung buah.

3. Periode Panen

Pohon mangga dapat berbunga satu tahun sekali sehingga panen dapat dilaksanakan dalam satu pohon. Dalam satu pohon, buah tidak akan masak bersamaan sehingga harus dilakukan beberapa kali panen.

4. Perkiraan Produksi

Pohon muda okulasi dapat menghasilkan 50-100 buah/ tahun. Angka itu akan meningkat sampai 300-500 buah pada umur 10 tahun, kemudian 1000 buah pada umur 15 tahun, dan 2.000 buah pada waktu produksi maksimum di umur 20 tahun.

Demikianlah penjelasan mengenai pohon mangga. Jadi detikers apa ada yang tertarik menanam pohon mangga?



Simak Video "Petani di Sidrap Panen Padi di Tengah Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia