Biografi Pangeran Philip, Bangsawan Yunani yang Jadi Suami Ratu Inggris

Kristina - detikEdu
Rabu, 01 Sep 2021 18:30 WIB
drinkPangeran Philip Rutin Minum Kopi Hitam di Pagi Hari, Ini 5 Manfaat Sehatnya
Biografi Pangeran Philip Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Pangeran Philip atau Duke of Edinburgh adalah keturunan bangsawan Yunani dan Denmark. Suami Ratu Inggris ini tutup usia pada April 2021 lalu dengan meninggalkan kisah hebatnya. Berikut biografi Pangeran Philip.

Pada tanggal 10 Juni 1921 di Corfu, Yunani, putri tertua Louis Alexander Mountbatten, bangsawan pertama Milford Haven, Putri Alice, melahirkan anak laki-laki yang diberi nama Philip Mountbatten. Ayah Philip adalah Pangeran Andrew (Prince Andrew of Greece and Denmark). Dia adalah putra bungsu Raja George I dari Hellenes, nama aslinya adalah Prince William of Denmark, dilansir Britannica.

Biografri Pangeran Philip

Kehidupan Awal Pangeran Philip

Dikutip dari British Heritage, karena memiliki darah dari ayah dan ibunya, Pangeran Philip kecil menyandang gelar Pangeran Yunani dan Denmark atau dalam bahasa Inggris Prince of Greece and Denmark.

Pada usia 18 bulan, Pangeran Philip dan keluarganya harus meninggalkan Yunani. Negara tersebut menjadi tidak stabil secara politik dan pamannya, Raja Yunani, Konstantinus I, terpaksa turun tahta.

Karier Angkatan Laut Pangeran Philip

Pangeran Philip muda bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan sebagai kadet pada tahun 1939, mengikuti jejak kakeknya, Pangeran Louis, yang merupakan Laksamana Armada dan First Sea Lord.

Setelah menyelesaikan pelatihan awalnya di bawah pimpinan Kadet Terbaik, pada tahun 1940, Pangeran Philip menghabiskan selama enam bulan di Samudra Hindia sebagai Taruna di kapal perang HMS RAMILLIES.

Pangeran Philip kemudian dipromosikan menjadi sub-letnan dan diangkat ke kapal perusak HMS WALLACE. Pada tahun 1942 ia menjadi Letnan Satu kapal pada usia yang terlalu dini, yakni 21 tahun.

Pada tahun 1952 ia dipromosikan menjadi Komandan, tetapi karir angkatan lautnya berakhir dengan kematian ayah mertuanya, Raja George VI.

Pangeran Philip saat Perang Dunia II

Pada usia 17 tahun, Pangeran Philip bergabung dengan kapal perang HMS VALIANT, yang bertempur di Pertempuran Tanjung Matapan. Pangeran bertanggung jawab atas kontrol lampu sorot kapal. Pangeran Philip kemudian diangkat menjadi Letnan Satu kapal perusak kelas W, HMS WHELP, yang hadir di Teluk Tokyo saat Jepang menandatangani penyerahan diri.

Awal Mula Perkenalan Philip dengan Putri Elizabeth

Dilansir dari situs Biografi, pada tahun 1939, Raja George VI dan Ratu Elizabeth (Ibu Suri Elizabeth) mengunjungi Royal Naval College. Philip mengantar dua putri kecil mereka, Elizabeth dan Margaret, yang merupakan sepupu jauh Philip melalui Ratu Victoria.

Selama dalam perjalanan, Putri Elizabeth yang saat itu berusia 13 tahun menyukai Philip. Elizabeth dan Philip mulai bertukar surat, yang kemudian berlanjut selama beberapa tahun berikutnya.

Pernikahan Pangeran Philip dengan Ratu Elizabeth II

Pada Juli 1947, pertunangan Letnan Philip Mountbatten dengan Putri Elizabeth diumumkan. Empat bulan kemudian, pada 20 November, mereka menikah di Westminster Abbey.

Pangeran Philip dan Putri Elizabeth II yang merupakan Ratu Kerajaan Inggris memiliki empat orang anak. Mereka adalah Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Pangeran Charles, Pangeran Wales lahir pada tahun 1948 dan Putri Anne, Putri Kerajaan, lahir dua tahun setelahnya. Setelah naik takhta, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth memiliki dua anak lagi, mereka adalah Pangeran Andrew, Duke of York, lahir pada tahun 1960, dan Pangeran Edward, Earl of Wessex, lahir pada tahun 1964.

Gelar Duke

Selama Perang Dunia I, Pangeran Louis dari Battenberg, kakek Pangeran Philip mengubah nama keluarga menjadi Mountbatten. Nama tersebut juga diadopsi ketika Pangeran Philip menjadi warga negara Inggris. Ia pun melepaskan gelar Kerajaannya untuk menikahi Putri Elizabeth.

Setelah pernikahannya, Pangeran Philip dianugerahi gelar Duke of Edinburgh, Earl of Merioneth, dan Baron Greenwich.

Pangeran Philip menghembuskan nafas terakhirnya di Kastil Windsor pada 9 April 2021 pagi di usianya 99 tahun. Pemakaman Pangeran Philip dilakukan secara seremonial dan bukan kenegaraan karena pandemi COVID-19.



Simak Video "Istana Buckingham Sebut Ratu Elizabeth II Sempat Masuk RS, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia