4 Keuntungan Letak Geografis Indonesia Apa Saja?

Lusiana Mustinda - detikEdu
Rabu, 01 Sep 2021 16:00 WIB
peta indonesia
Foto: istimewa
Jakarta -

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tak hanya itu, negara Indonesia juga memiliki banyak kekayaan alam dan beragam budaya serta suku bangsa. Lalu apa sih yang dimaksud dengan letak geografis?

Letak geografis adalah letak suatu daerah yang dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain.

Letak geografis juga ditentukan beberapa hal seperti segi astronomis, geologis, fisiografis dan sosial budaya.

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia berada di antara Benua Asia dan Australia serta di antara Samudera Hindia dan Pasifik. Sehingga wilayah Indonesia berada pada posisi silang, tentunya hal ini memiliki arti penting kaitannya dalam iklim ataupun perekonomian.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

1. Persimpangan lalu lintas dunia

Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra memungkinkan menjadikan negara ini sebagai persimpangan lalu lintas dunia baik udara maupun laut. Indonesia menjadi titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industri dan negara-negara di Asia, Afrika dan Eropa.

2. Memiliki tanah subur

Indonesia memiliki tanah yang subur karena mendapatkan banyak sinar matahari dan curah hujan yang tinggi. Selain itu, Indonesia juga berada di kawasan cincin api pasifik yang merupakan gugusan gunung berapi di Samudera Pasifik.

3. Banyak pengaruh budaya

Dilansir dalam situs Kementerian Luar Negeri, keuntungan dari letak geografisnya ialah Indonesia memiliki pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dunia serta secara alami dipengaruhi oleh angin musim.

Sekitar bulan Oktober-April angin bertiup dari Asia ke Australia yang membawa banyak uap air dari Samudra Pasifik sehingga menimbulkan musim hujan. Dan sekitar bulan April-Oktober angin bertiup dari Australia ke Asia yang sedikit membawa uap air dari Samudra Hindia sehingga menimbulkan musim kemarau.

4. Negara agraris terkemuka

Pengaruh musim di Indonesia menyebabkan negara ini populer jadi negara agraris. Pertanian di Indonesia maju pesat dan banyak menghasilkan bahan makanan seperti beras, jagung, sayur-sayuran, buah-buahan, karet, kopi, gula hingga tembakau.

Keuntungan letak geografis Indonesia lainnya adalah memiliki banyak destinasi wisata alam seperti pantai, air terjun hingga gunung.



Simak Video "Potensi Hujan Lebat di Sebagian Besar Wilayah Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia