Dear Fresh Graduate, Ini 3 Tips Lancar Cari Kerja dari Praktisi

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 01 Sep 2021 10:01 WIB
Para pencari kerja yang didominasi fresh graduate memadati Indonesia Career Expo (ICE) di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (14/10). Bursa kerja yang berlangsung sampai Sabtu (15/10) diikuti 150 perusahaan dari berbagai sektor industri.
Situasi di sebuah bursa kerja beberapa waktu lalu (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Proses mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah terutama dalam masa-masa pandemi seperti ini. Bahkan terkadang proses tersebut menimbulkan rasa stres karena kegagalan demi kegagalan.

Tantangannya bukan hanya "berburu" peluang kerja yang tepat dan sesuai dengan kemampuan. Namun juga harus menghadapi persaingan dengan kandidat-kandidat lainnya. Karena itu dibutuhkan keseriusan untuk mempersiapkan diri.

Client Success Senior Associate of Kalibr Indonesia, Deviana Kurniawati mengungkapkan setidaknya ada tiga hal utama yang harus disiapkan sebelum mencari kerja.

1. Memegang Konsep What I Know

What I know sendiri memiliki makna mengetahui tujuan dan motivasi dalam mencari pekerjaan. Tujuan tersebut dapat meliputi pengalaman, pendapatan atau money, mendapatkan validasi dari orang lain, atau hanya sekedar karena tekanan dari orang sekitar.

"Kalau mau kerja tekankan dulu purpose of matters-nya apa, lakukan identifikasi sebelum berkarir! Semua motivasi itu valid, tidak ada yang benar atau salah karena situasi yang dihadapi setiap orang tentu tidak sama," terang Deviana dalam keterangan yang diterima detikEdu.

2. Riset

Menurut Devi langkah kedua yang perlu diperhatikan saat mencari kerja adalah what I do atau mulai melakukan proses pencarian kerja. Terdapat dua hal yang dapat dilakukan dalam tahap tersebut. Pertama yaitu melakukan riset terhadap posisi, peran, dan perusahaan yang diinginkan.

Devi menegaskan agar para pencari kerja tidak hanya sekedar apply mengenai pekerjaan tersebut tetapi juga memperhatikan apakah posisi yang akan dilamar sesuai dengan latar belakang studi, pengalaman, dan motivasinya di awal atau tidak.

"Kalau sudah melakukan research, selanjutnya adalah job hunt. Kalian bisa mencari info lowongan melalui website perusahaan, Universitas' Career Center, Job Portal, sosial media, atau cara lainnya," jelas Devi.

3. Memahami Kunci Interview

Terakhir adalah what I do to win, menurut Devi ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan saat lolos ke tahap interview. Terdapat tiga momen yang krusial dalam sesi interview yaitu first impression, cara menunjukkan kelemahan diri, dan tahap terakhir saat employer menanyakan pada kita apakah ada pertanyaan?

"Ketiga momen itu adalah yang terpenting. Kalian harus benar-benar mempersiapkan diri, penampilan, dan gain insight on a candidate's skill, experience, personality," kata Deviana.

Demikianlah tiga tips yang harus diperhatikan hal yang perlu diperhatikan saat mencari pekerjaan. Resapi baik-baik ya detikers!



Simak Video "KuTips: Tips Bersepeda di Jalan Raya yang Perlu Kamu Tahu! "
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia