4 Sifat yang Dapat Diterapkan Saat Magang, Mahasiswa Wajib Simak Nih!

atj - detikEdu
Rabu, 25 Agu 2021 15:35 WIB
Sebanyak 95 dosen dan mahasiswa Vokom UI menjadi bagian dari panitia penyelenggaraan Asian Games 2018. Seperti apa keseruannya?
Foto: Istimewa
Jakarta -

Bagi detikers yang lolos mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) maka ini waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri. Saat memulai magang nanti terdapat beberapa sifat yang dapat diterapkan saat magang nanti.

Magang harus dilakukan sebaik mungkin agar kegiatan magang dapat berjalan lancar. Saat magang mahasiswa juga akan memperoleh pengalaman bekerja di dunia kerja. Pengalaman tersebut nantinya akan sangat berguna setelah lulus kuliah agar tidak kaget saat sudah menjadi pegawai.

Nah sebelum menjadi mahasiswa magang terdapat beberapa hal yang harus diketahui dan diterapkan apakah saja itu? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari akun Instagram resmi Ditjen Dikti:

1. Disiplin dan Tepat Waktu

Saat mengikuti magang di perusahaan, mahasiswa tentunya harus menaati segala peraturan yang ada diperusahaan. Peraturan tersebut seperti datang tepat waktu, baik saat datang ke kantor, menghadiri rapat, atau dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh mentor.

2. Ulet dan Gigih

Sifat yang diterapkan saat magang yang kedua adalah ulet dan gigih. Sifat ini diperlukan agar mahasiswa magang dapat bekerja dengan maksimal serta memiliki kualitas kerja yang baik. Untuk itu mahasiswa harus dapat menghadapi berbagai tekanan kerja dengan baik agar bisa menjaga emosi secara bijak di tempat magang.

3. Memiliki Inisiatif yang Tinggi

Mahasiswa magang harus memiliki inisiatif yang tinggi saat melakukan pekerjaan di tempat magang. Memiliki inisiatif yang tinggi merupakan sebuah keunggulan.

Jangan takut untuk bertanya jika ada pertanyaan yang kurang jelas dan beranikan diri untuk mengemukakan ide-ide baru kepada mentor.

4. Ramah dan Mudah Bergaul

Di tempat magang, mahasiswa magang akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hal yang harus dilakukan adalah tetap bersosialisasi dan ramah terhadap siapapun agar mereka dapat merasa nyaman saat bekerja sama denganmu.

Nah itu tadi adalah 4 sifat yang diterapkan saat magang yang bisa detikers terapkan. Jangan lupa untuk diterapkan ya detikers!



Simak Video "Eksploitasi Anak Magang Kerja Sampai Jam 2 Pagi"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia