10 Negara Terbaik untuk Kuliah di Asia: Indonesia, China, hingga Singapura

Rosmha Widiyani - detikEdu
Senin, 23 Agu 2021 09:00 WIB
A happy graduate is hugging her friend after their graduation ceremony. She is smiling while looking at the camera.
Foto: iStock/10 Negara Terbaik untuk Kuliah di Asia: Indonesia, China, hingga Singapura.
Jakarta -

Indonesia menjadi salah satu negara terbaik untuk kuliah di Asia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia dinilai tempat yang tepat untuk menimba ilmu dan pengalaman baru.

Dikutip dari situs Educations.com, masih ada sembilan negara lain di Asia yang menjadi tempat belajar paling baik. Tiap negara punya kelebihan untuk belajar mulai dari sarana, fasilitas, hingga keanekaragaman budaya.

Informasi ini bisa menjadi masukan buat yang bingung ingin kuliah di dalam atau luar negeri. Berikut daftar negara terbaik di Asia untuk belajar

10 negara terbaik untuk kuliah di Asia:

1. Singapura

Singapura menempati peringkat pertama negara terbaik untuk kuliah di Asia dan kelima belas di dunia. Negara ini juga dinilai menjadi tempat yang layak bagi yang ingin berkarir lebih baik.

Selain orientasi karir, Singapura menjadi pilihan untuk kualitas pendidikan lebih baik. Pilihan ini didasari iklim profesional, disiplin, dan multikultural di Singapura. Iklim ini membantu mahasiswa selalu disiplin namun juga ramah dan bersahabat.

2. Jepang

Negara ini nyaris tak mungkin absen dari negara terbaik untuk kuliah di Asia. Jepang menyediakan pengalaman belajar dikelilingi tradisi, sejarah, dan kekayaan budaya namun tak asing dengan kemajuan teknologi.

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang baik, Jepang menjadi negara kedua paling inovatif di dunia. Posisi Jepang tepat di bawah Jerman, yang juga menjadi negara paling ramah wirausaha dan keterkaitan antar sektor. Tidak heran jika Jepang menjadi negara ketiga dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

3. China

China menjadi negara tujuan terbaik untuk kuliah selanjutnya. Sama dengan Singapura, China dinilai tepat untuk mahasiswa yang berorientasi karir dan menginginkan kualitas pengajaran terbaik.

Mahasiswa yang memilih China umumnya ingin belajar bisnis dan ekonomi dengan lebih baik. Tantangan utama belajar di China adalah bahasa dan budaya, yang mungkin sangat asing bagi mahasiswa asing. China dikenal sebagai negara penutur bahasa asli paling besar di dunia.

4. Malaysia

Negara tetangga Indonesia menempati posisi keempat tujuan kuliah terbaik di Asia dan peringkat 22 di dunia. Malaysia dinilai menjadi negara yang tepat bagi yang ingin bersosialisasi dan mencari pengalaman baru.

Hal ini tak berlebihan karena Kuala Lumpur, ibukota Malaysia, menjadi kota kedua yang paling ramah di dunia. Malaysia juga menjadi kota yang paling mudah ditinggali bagai para ekspatriat. Keunggulan ini didasari karakter warga Malaysia yang dinilai ramah dan menyenangkan para orang asing.

5. Korea Selatan

Demam K-Pop menjadikan Korea Selatan tak mungkin absen dari daftar negara impian. Terlepas dari segala yg hype, Korea Selatan dikenal memiliki kurikulum pendidikan yang padat dan menuntut kesempurnaan.

Mahasiswa dan dosen di negara ini sama-sama berorientasi pada pencapaian terbauk. Tak heran jika Korea Selatan menempati peringkat pertama negara dengan kualitas pendidikan terbaik di Asia. Kuliah di Korea Selatan mungkin rentan stres, namun tak perlu khawatir karena semua produk K-Pop bisa dinikmati tiap saat.

Berikutnya adalah lima negara tujuan kuliah lain di Asia

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia