Apa Beda Sel Hewan dan Tumbuhan? Temukan Perbedaannya di Sini

atj - detikEdu
Minggu, 22 Agu 2021 05:57 WIB
sel hewan
Foto: iStock
Jakarta - Ada sejumlah perbedaan Sel hewan dengan sel tumbuhan. Salah satu perbedaan itu adalah sel prokariotik dan eukariotik.

Berikut adalah perbedaannya yang dikutip dari buku Mudah dan Aktif Belajar Biologi karya Rikky Firmansyah:

1. Sentriol

Sentriol hanya dimiliki oleh sel hewan dan Protista. Sentriol merupakan organel yang berbentuk silinder dan tersusun atas mikrotubulus. Sentriol biasanya terletak di dekat inti sela tau nucleus. Organel ini berperan dalam pembelahan sel.

2. Dinding Sel

Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang kaku. Fungsinya sebagai pelindung sel dan pembentuk sel agar tetap stabil. Dinding sel ini terletak di sebelah luar membrane sel. Pada tumbuhan, dinding sel terdiri atas selulosa dalam jumlah besar, lignin, dan suberin.

Dinding sel merupakan suatu struktur yang sangat kompleks. Dinding sel pada tumbuhan ada dua yaitu primer dan sekunder. Juga terdapat lapisan tengah yang tersusun atas polisakarida yang seperti jeli atau pektin. Dinding sel sekunder lebih kuat dari primer karena mengandung selulosa dan lignin.

3. Plastisida

Plastisida terdapat pada sel tumbuhan. Plastisida memiliki fungsi untuk berfotosintesis yaitu pembentukan karbohidrat. Plastisida berfungsi menangkap energi cahaya dan kemudian menghasilkan gula. Adanya plastisida dalam sel membuat tumbuhan dapat menghasilkan molekul makanannya sendiri.

Plastisida memiliki dua tipe yaitu leukoplas dan kromoplas. Lekoplas adalah plastisida yang tidak memiliki pigmen. Fungsinya sebagai tempat menyimpan cadangan makanan yang berupa karbohidrat, lipid, dan protein.

Kromoplas adalah plastisida yang memiliki pigmen. Pigmen ini akan memberi warna pada daun, bunga, dan buah. Terdapat pigmen jingga (karoten), pigmen merah (fikoeritrin), dan pigmen hijau (klorofil).

4. Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan yang keempat adalah sel prokariotik dan eukariotik. Sel ini memiliki perbedaan yaitu ada atau tidaknya membran yang membatasi inti sel.

Sel prokariotik adalah inti sel yang paling sederhana. Substansi genetiknya terkonsentrasi dalam suatu kumpulan yang disebut nucleoid karena tidak adanya membrane khusus. Oleh karena itu sel prokariotik bisa disebut sel yang tidak memiliki membran inti.

Sedangkan sel eukariotik adalah sel yang berukuran lebih besar daripada sel prokariotik. Selain itu sel eukariotrik memiliki struktur dan fungsi yang lebih kompleks daripada prokariotik.

Sel eukariotik sudah memiliki membrane inti sel (nucleus) yang berarti substansi genetiknya sudah dibatasi oleh sebuah membran.

Demikianlah perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Semoga dapat dimengerti ya detikers!

Simak Video "Haru! Siswa SD di Sidrap Seberangi Sungai dengan Rakit demi Bisa Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia