7 Jurusan Langka di Indonesia dan Punya Peluang Karier yang Menjanjikan

atj - detikEdu
Sabtu, 21 Agu 2021 13:55 WIB
Meksiko Tutup Situs Sejarah Gegara.. Turis Tak Pakai Masker
Foto: (Jon G. Fuller/VW Pics/Universal Images Group/Getty Images)
Jakarta -

Biasanya jurusan Ekonomi, Matematika, Administrasi, Psikologi Menjadi jurusan yang paling laris karena memiliki peluang karier yang menjanjikan. Tetapi tahukah detikers jika ada jurusan langka juga memiliki peluang karier yang menjanjikan.

Apakah saja itu? Berikut adalah jurusan langka di Indonesia yang memiliki karir yang menjanjikan. Penjelasan berikut dikutip dari laman Stie Bhakti Pembangunan Jakarta:

1. Jurusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi akan membahas mengenai seluk beluk masalah di dunia kriminal. Hal yang dibahas adalah mengidentifikasi masalah hingga langkah untuk mengatasi masalah kriminil.

Selain itu jurusan ini lebih membahas perilaku seseorang melakukan tindak kriminal. Di Indonesia sendiri, jurusan Kriminologi dapat ditemui antara lain di Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau.

2. Jurusan Filsafat

Jurusan Filsafat memiliki peminat yang sedikit hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Dalam jurusan Filsafat harus memiliki kemampuan mengemukakan fakta sebab akibat.

Walaupun jurusan ini sepi peminat, lulusan jurusan Filsafat bisa menjadi jurnalis atau penulis handal.

3. Jurusan Pengetahuan Perpustakaan

Jurusan Perpustakaan ini mempelajari cara menghimpun, mempelajari, mengendalikan, serta menyebarluaskan info yang didapat dari satu buku.

Detikers yang mengambil jurusan ini dapat bekerja di pemerintahan maupun menjadi pustakawan. Ketika berkuliah di jurusan ini kalian wacana kalian pun akan makin bertambah.

4. Jurusan Teknik Nuklir

Dalam praktiknya, mahasiswa jurusan Teknik Nuklir ini harus mengerti pelajaran Fisika serta Matematika sebab seringkali ditempatkan dengan masalah berhitung.

Jurusan Teknik Nuklir dapat ditemui di UGM. Bagi detikers yang merupakan lulusan di jurusan ini lebih baik mencari karir di luar negeri karena kesempatan akan terbuka lebar di sana.

5. Jurusan Arkeologi

Jurusan langka di Indonesia selanjutnya adalah Arkeologi. Arkeolog adalah seseorang yang mempelajari prasasti, artefak, serta peninggalan bersejarah yang lain. Selintas, pekerjaan Sarjana Arkeologi tampak gampang, namun menjadi Arkeolog merupakan pekerjaan sulit.

Beberapa Arkeolog butuh pelajari bentuk barang peninggalan bersejarah, lantas mengaitkannya dengan kebudayaan manusia pada jaman dahulu untuk tahu usia dari barang bersejarah itu.

Arkeologi termasuk juga jurusan yang menarik untuk dipelajari. Tidak hanya belajar, pun miliki peluang untuk berjalan-jalan ke beberapa daerah untuk lakukan riset.

6. Jurusan Teknik Pengairan

Negara Indonesia merupakan negara agraris untuk itu lulusan Teknik Pengairan sangat dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan lulusan ini dibutuhkan untuk melakukan perbaikan irigasi persawahan.

7. Kuliah Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi merupakan jurusan langka yang ada di Indonesia. Jurusan ini juga memiliki peminat yang sedikit. Kabar baiknya lulusan dari Astronomi dapat memiliki peluang karir yang menjanjikan.

Salah satunya dapat bekerja di BMKG dan menjadi peniliti di bidang Astronomi.

Demikianlah jurusan langka di Indonesia yang memiliki karir yang menjanjikan. Kalian tertarik berkuliah di jurusan apa?



Simak Video "4 Fenomena Astronomi Awal Oktober, Ada Hujan Meteor!"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia