Login www.prakerja.go.id Cek Pengumuman Lolos, Bisa untuk Lulusan SMA

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 20 Agu 2021 16:06 WIB
Pelatihan Prakerja
Foto: Pelatihan Prakerja (Tim Infografis Fuad Hasim)/Login www.prakerja.go.id Cek Pengumuman Lolos, Bisa untuk Lulusan SMA.
Jakarta - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 18 telah ditutup pada Kamis (19/8/2021). Peserta yang telah mendaftar kini menunggu pengumuman kelulusan, yang bisa dicek usai login www.prakerja.go.id.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengungkapkan, anggaran yang disiapkan untuk program ini mencapai Rp 10 triliun. Jumlah ini sama dengan yang tersedia di gelombang sebelumnya.

Peserta yang lolos program Kartu Prakerja gelombang 18 mendapatkan manfaat pelatihan sebesar Rp 1 juta. Peserta juga mendapatkan uang tunai Rp 2,4 juta dan insentif Rp 150 ribu untuk tiga kali survei. Totalnya, peserta mendapat keuntungan hingga Rp 3,55 juta.

Terkait dengan pengumuman seleksi Kartu Prakerja gelombang 18 ini, bagaimana cara cek kelulusannya? Ada dua cara untuk mengetahuinya.

Cara cek kelulusan kartu prakerja gelombang 18:

1. Cek dashboard www. prakerja.go.id

Peserta Kartu Prakerja harus masuk atau login ke akun Prakerja masing-masing. Pada dashboard peserta yang lolos, akan ada notifikasi yang juga memuat keterangan bahwa dana akan diberikan setelah selesai pelatihan.

"Dana insentif kamu diberikan setelah penyelesaian pelatihan, bila belum ada dana yang ditransfer 7x24 jam Hubungi CS," begitu bunyi keterangannya.

Apabila belum lulus, maka akan ada notifikasi ''Kamu Belum Berhasil' di dashboard peserta.

2. Cek SMS

Selain bisa memantau via akun masing-masing, peserta Kartu Prakerja juga dapat menyimak pengumumannya via SMS. Namun, peserta harus memastikan bahwa nomornya aktif.

Apabila peserta yang bersangkutan tidak lulus, maka alasannya dapat diketahui dari dashboard Prakerja. Ketika gelombang selanjutnya dibuka, peserta bisa mendaftarkan dirinya kembali.

Jika belum diterima, akan ditampilkan tulisan yang berbunyi, "Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih gelombang berikutnya."

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 18 tersedia bagi semua orang yang memenuhi syarat. Salah satunya berusia minimal 18 tahun dan tidak menempuh pendidikan formal. Program diprioritaskan bagi masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19.

Begitulah cara cek kelulusan Kartu Prakerja gelombang 18. Apabila memiliki pertanyaan, detikers juga dapat memantau menu Tanya Jawab di www.prakerja.go.id.

Simak Video "Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia