Paskibraka 2021, Profil Tim Indonesia Tangguh Pengibar Bendera Indonesia

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 18 Agu 2021 10:30 WIB
Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal DKI Jakarta Febitri Nur Tsabitah memegang bendera Merah Putih saat mengikuti Upacara Pengukuhan Paskibraka yang dipimpin Presiden Joko Widodo di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/8/2021). Presiden Joko Widodo mengukuhkan 68 orang anggota Paskibraka yang akan bertugas pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus mendatang. ANTARA FOTO/Biro Pers Media Setpres/Lukas/Handout/wsj.
Foto: Biro Pers Setpres/Lukas/Paskibraka 2021, Profil Tim Indonesia Tangguh Pengibar Bendera Indonesia.
Jakarta - Tim Paskibraka 2021 Indonesia Tangguh dikukuhkan sebagai pengibar bendera Indonesia dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 di Istana Merdeka kemarin, 17 Agustus. Formasi anggota tim ini juga diumumkan melalui siaran pers resmi Istana.

Ada Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan pembawa baki bendera pusaka Merah Putih. Dia merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatra Utara. Ardelia lahir di Tebing Tinggi pada 6 Desember 2004. Ia kini merupakan siswa di SMA Harapan I Medan.

Selain Ardelia, ada tiga anggota Paskibraka 2021 yang lain dalam proses pengibaran bendera. Yakni Aditya Yogi Susanto, Dika Amniya Rahman, dan Ridho Hadfizar Armadhani. Aditya Yogi Susanto adalah Komandan Kelompok 8, perwakilan dari Provinsi Gorontalo.

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet Repubik Indonesia, Dika Ambiya Rahman yang bertugas sebagai pembentang bendera adalah perwakilan dari Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya, Ridho Hadfizar Armadhani merupakan penggerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, ada Kolonel Pnb Putu Sucahyadi. Dia merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999 yang kini menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar.

Selain itu, bertugas sebagai Komandan Kompi Paskibraka adalah Kapten Inf Suryadi Nataatmaja. Dia adalah lulusan Akademi Militer tahun 2012 yang saat ini bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad.

Ada juga Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya yang pada pengibaran bendera Merah Putih kemarin bertugas sebagai Perwira Upacara. Sekarang ini, ia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta dan merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Para anggota Paskibraka 2021 ini sebelumnya sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Kamis (12/08/2021) di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Ada 68 pemuda perwakilan dari masing-masing provinsi di Indonesia yang mengucap Ikrar Putra Indonesia dan siap menjalankan tugas upacara 17 Agustus kemarin.

Gimana detikers? Setelah Paskibraka 2021, tertarik menjadi anggota Paskibraka 2022?

Simak Video "Momen Jokowi Kukuhkan Paskibraka HUT RI ke-76"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia