Mengenang Hari Kemerdekaan, Ada Pahlawan RI Asal Korea yang Ikut Berjuang

Kristina - detikEdu
Selasa, 17 Agu 2021 14:00 WIB
Yang Chil Sung
Foto: Dok. KBS
Jakarta -

Tepat 76 tahun Indonesia merdeka. Kemerdekaan tersebut tak lepas dari perjuangan para pahlawan Republik Indonesia (RI). Tahukah kamu, ada pahlawan RI asal Korea yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia?

Sebelum meraih kemerdekaan, bangsa Indonesia harus melewati perjuangan yang panjang. Bermula dari masuknya bangsa Eropa yang dimulai oleh Portugis, yang menguasai armada perdagangan. Kemudian disusul bangsa Spanyol, Belanda, Perancis, Inggris, hingga Jepang.

Dalam catatan sejarah, dari seluruh negara yang pernah menguasai Indonesia, Jepang menjadi penjajah tersingkat yang menduduki wilayah Indonesia. Penjajahan Jepang berlangsung sekitar 3,5 tahun. Walaupun hanya berlangsung ibarat "seumur jagung", tapi penjajahan Jepang menyisakan perjuangan besar bagi para tokoh kemerdekaan.

Selama masa penjajahan Jepang, semangat para pejuang kemerdekaan semakin membara. Terlebih saat dua kota besar di Jepang, Nagasaki dan Hiroshima dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat. Tak lama berselang, Jepang menyerahkan tanpa syarat kepada Sekutu.

Mendengar kabar tersebut, para pahlawan nasional semakin yakin untuk memperjuangkan kemerdekaan. Bahkan, dalam perjuangan tersebut, terdapat pahlawan RI yang berasal dari Korea. Dia turut ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bagaimana sejarahnya?

Sejarah bermula ketika masuknya tentara Jepang ke Indonesia tahun 1942. Selama berkuasa di Indonesia, Jepang banyak merekrut tentara untuk dibawa ke Indonesia. Baik sebagai asisten tentara maupun penjaga tawanan perang.

Pada saat itu, Jepang membawa seorang pemuda kelahiran Korea yang bernama Yang Chil Sung. Yang Chil Sung ditugaskan untuk menjaga tawanan perang (phorokamsiwon). Selama bergabung dengan Jepang, pemuda kelahiran Korea 29 Mei 1919 tersebut menggunakan nama Jepang Shichisei Yanagawa.

Bagaimana dia bisa bergabung bersama bangsa Indonesia? Selanjutnya baca DI SINI ya!



Simak Video "5 Tokoh Akan Dianugerahi Pahlawan Nasional, Salah Satunya dr Soeharto"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia