Urutan 5 Negara ASEAN yang Memiliki Wilayah Paling Kecil

fahri zulfikar - detikEdu
Jumat, 13 Agu 2021 14:25 WIB
KTT ASEAN 2021: Dialog Tidak Akan Cukup Menyelesaikan Konflik di Myanmar
Foto: DW (News)/Urutan 5 Negara ASEAN yang Memiliki Wilayah Paling Kecil.
Jakarta - Urutan lima negara ASEAN yang memiliki wilayah paling kecil tentu tak sulit dijawab. Pasalnya meski wilayahnya kecil, negara ASEAN membuktikan peran dan kekuatannya di tataran global.

Secara umum, luas wilayah ASEAN mencapai 4,5 juta kilometer persegi. Secara astronomis, kawasan ini terbentang pada 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT di Asia Tenggara.

Daftar lima negara ASEAN yang memiliki wilayah paling kecil

Berikut adalah daftar negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki luas area terkecil:

1. Singapura

Negara ini menjadi salah satu yang memiliki wilayah paling kecil di ASEAN. Luas wilayah negara ini adalah 721,5 kilometer persegi dengan total populasi 5,61 juta jiwa pada 2016.

Singapura merdeka pada 9 Agustus 1965 dengan ibu kota yang sama. Negara Singapura memiliki kepala negara seorang presiden dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

2. Brunei Darussalam

Negara ASEAN yang memiliki wilayah paling kecil selanjutnya adalah Brunei Darussalam. Luas negara ini adalah 5.765 km persegi, dengan ibu kota Bandar Seri Begawan.

Brunei Darussalam merdeka pada 23 Februari 1984 dengan kepala negara seorang sultan. Untuk kepala pemerintahan Brunei Darussalam dipimpin perdana menteri. Mayoritas bahasa yang digunakan penduduk adalah Melayu, Inggris, dan Mandarin.

3. Kamboja

Kamboja menjadi negara berikutnya di ASEAN yang memiliki wilayah terkecil. Negara ini memiliki luas wilayah 181.035 km persegi, dengan populasi 15,76 juta jiwa per tahun 2016.

Negara dengan ibu kota Phnom Penh ini merdeka pada 9 November 1953. Bentuk kepala negara di Kamboja adalah raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri.

4. Laos

Negara berikutnya adalah Laos dengan luas 237.955 km persegi dan populasi 6.76 juta jiwa pada 2016. Laos dengan ibu kota Vientiane ini merdeka pada tanggal 2 Desember.

Kepala negara Laos adalah presiden dan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri. Seperti negara ASEAN lain, masyarakat Laos umumnya memiliki mata pencarian sebagai petani.

5. Filipina

Filipina memiliki luas wilayah sekitar 300.000 km persegi, sehingga masuk dalam daftar lima negara ASEAN yang memiliki wilayah paling kecil. Populasi di Filipina mencapai 103.3 juta jiwa per tahun 2016.

Negara dengan ibu kota Manila ini merdeka pada tanggal 12 Juni. Filipina memiliki kepala negara dan kepala pemerintahan seorang Presiden.

Itu tadi urutan lima negara ASEAN yang memiliki wilayah paling kecil. Semoga jelas ya detikers.

Simak Video "9 Menlu ASEAN Tak Beri Pengakuan Status Junta Myanmar"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia