5 Rekomendasi Tempat Kongko Anak Kampus di Jatinangor

Nur Azis - detikEdu
Rabu, 11 Agu 2021 15:00 WIB
Perpustakaan Batu Api
Foto: Nur Azis/5 Rekomendasi Tempat Kongko Anak Kampus di Jatinangor
Sumedang -

Kegiatan hang out atau kongko bareng teman menjadi salah satu kegiatan yang asik dilakukan oleh para mahasiswa Jatinangor. Hang out bareng bisa menjadi obat penghilang penat juga bisa menjadi sarana untuk membangun relasi antar teman, tentunya kepada hal-hal yang lebih positif ya detikers.

Kawasan Jatinangor, Kabupaten Sumedang terdapat beberapa kampus besar di Indonesia, diantaranya Universitas Padjadjaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung(ITB), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN).

Di kawasan ini juga menawarkan beberapa tempat hang out bagi para mahasiswanya, dari mulai kafe, kedai kopi, rumah baca, restoran hingga kantin yang disediakan oleh pihak kampus.

Nah, bagi detikers yang akan menempuh pendidikan di Jatinangor, detikcom coba mereview beberapa tempat nongkrong yang asik untuk dikunjungi. Apa saja?

1. Perpustakaan Batu Api

Perpustakaan Batu ApiPerpustakaan Batu Api Foto: Nur Azis

Bagi mahasiswa yang hobi baca atau yang sedang mencari sumber referensi untuk tugas kuliah, skripsi, tesis ataupun disertasi, tempat satu ini patut detikcom rekomendasikan.

Sebab, kalian akan dimanjakan dengan beragam judul buku dari yang masih banyak beredar dipasaran atau yang sudah langka ditemui dipasaran? Seperti contoh buku Riwayat Kandjeng Nabi Muhammad SAW yang ditulis oleh R.A.A Wiranata Koesoema 1941, Sang Pemula dari Pramoedya Ananta Toer, buku Mein Kampf karya Adolf Hitler yang masih berbahasa Jerman dan masih banyak lagi buku-buku langka lainnya, baik dari para penulis Indonesia ataupun dari para penulis mancanegara lainnya.

Kamu yang hobi baca buku dijamin akan kebingungan memilih judul buku lantaran saking banyaknya buku-buku menarik yang tersaji di perpustakaan ini.

Tidak hanya buku, Perpustakaan Batu Api juga menyediakan ribuan koleksi film dan musik dari berbagai negara lengkap dengan sumber literasinya. Jadi tidak melulu soal Hollywood, para mahasiswa pun akan memiliki pengalaman menonton film dan musik dari berbagai negara disertai sumber literasinya.

Maka tidak heran jika Perpustakaan Batu Api tidak pernah sepi akan pengunjung. Bahkan di masa pandemi seperti sekarang ini, meski jumlahnya jauh berkurang namun masih saja ada mahasiswa yang berkunjung untuk mencari sumber referensi buku.

Seperti Faisal Madjid Alyasa, salah satu mahasiswa Ilmu Ekonomi Unpad. Menurutnya Perpustakaan adalah pusat literasi yang ada di kawasan pendidikan Jatinangor.

"Koleksi bukunya macam-macam, bahkan disini ada banyak buku umum yang tidak dapat ditemui di perpustakaan kampus," ujarnya.

Perpustakaan Batu Api berlokasi di Jalan Raya Jatinangor No.142 A, Cikeruh, Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Lokasinya di pinggir jalan yang tidak jauh dari kampus UNPAD, ITB, IPDN ataupun IKOPIN, kurang lebih hanya butuh waktu 10 menit.

2. Kedai Djoeroe Coffee

Kedai Djoeroe Coffee yang jadi tempat nongkrong anak kampus di JatinangorKedai Djoeroe Coffee yang jadi tempat nongkrong anak kampus di Jatinangor Foto: Istimewa

Kedai kopi satu ini pas buat para mahasiswa yang ingin bersantai atau sedang mengerjakan tugas kampus. Dengan menyajikan ruang outdoor (terbuka) cukup luas, kedai kopi ini kerap ramai dikunjungi.

Kedai Djoeroe Coffee berada di Komplek Caringin Regency 1, Jalan Caringin, No 6b, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Lokasinya cukup strategis karena masih dekat dengan lingkungan kampus. Dengan menggunakan kendaraan, kurang lebih hanya butuh waktu 10 menit dari kampus.

Kesan hommy membuat betah para pengunjung untuk berlama-lama di kedai ini. Lokasinya yang sedikit melipir dari jalan raya membuat kedai ini terhindar dari kebisingan.

Menurut pemilik kedai, para pengunjung yang datang rata-rata telah menjadi langganan tetapnya.

"Orang-orang yang datang kesini sudah berlangganan jadi sudah punya makanan favoritnya masing-masing," ungkap Dea, istri dari pemilik kedai saat disambangi detikcom, Minggu, (9/8/2021).

Kedai Djoeroe menyajikan menu makanan favorit, seperti katsu, dimsum, tahu lada pedas, sate taichan dan menu makanan lainnya dengan rate harga dari mulai Rp 14 ribu sampai Rp 25 ribu.

Sementara untuk minumannya, mulai dari milkshake, teh spesial dan kopi dengan rate harga dari mulai Rp 8 ribu sampai Rp 25 ribu.

Khusus untuk kopi, Kedai Djoeroe hanya menghadirkan jenis-jenis kopi seperti kopi Puntang, kopi Manglayang, kopi Honey Halu dan kopi lainnya yang berasal dari Jawa Barat.

Adapun fasilitas lain yang disediakan diantaranya lahan parkir yang cukup luas, wifi gratis, mushola dan taman terbuka. Bagi para mahasiswa yang bingung mencari tempat tongkrongan, kedai satu ini kiranya patut untuk dicoba.

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia