4 Tips Jaga Kesehatan Mata Anak dari Dokter RSND Undip

Kristina - detikEdu
Selasa, 10 Agu 2021 11:01 WIB
kesehatan mata anak
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kesehatan mata anak adalah hal yang harus diperhatikan oleh orang tua. Mata merupakan organ yang penting bagi kehidupan, sehingga kesehatannya harus dijaga sejak dini.

Dokter Spesialis Mata (Konsultan) Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Universitas Diponegoro (Undip), dr. Arnila Novitasari Saubig, Sp.M(K) mengatakan, pada anak-anak, untuk melihat jarak jauh dan dekat seharusnya seimbang. Sehingga, dibutuhkan bantuan baik dari guru maupun orang tua dalam memberikan pemahaman kepada anak, khususnya dalam menggunakan gadget di era pandemi.

"Usia di bawah 3 tahun tidak diperkenankan menggunakan gadget. Tapi biasanya usia 3 sampai 4 tahun sudah preschool namun itu juga hanya sekitar 30 sampai 45 menit memakai gadget. Jadi tidak ada satu jam, ketika sudah TK sekitar 60 sampai 90 menit dan SD 3 sampai 4 jam. Jadwal anak-anak sekolah secara online saat ini sekitar 2 jam, ada jeda istirahat setengah jam, itu sudah cukup baik. Dan sisanya apakah boleh mainan gadget full? Sebaiknya kita batasi, mereka bisa beralih menonton TV atau apabila ingin nonton TouTube dapat dipindahkan ke layar televisi yang lebih lebar," jelasnya dikutip dari laman Undip, Senin (9/8/2021).

dr. Arnila menyampaikan, dibandingkan gadget, komputer atau laptop dipandang lebih aman untuk digunakan karena jaraknya terjaga. Jarak aman untuk menatap layar komputer atau laptop adalah 30-50 cm. Jarak ini akan mengurangi kelelahan pada otot mata, sehingga mencegah kebutuhan kacamata.

"Lebih aman menggunakan PC atau laptop karena jaraknya terjaga, jarak mata dengan screen 30 sampai 50 cm, akan mengurangi kelelahan pada otot-otot mata sehingga mencegah kebutuhan kacamata," katanya.

Sedangkan, bagi anak yang sudah terlanjur mengenakan kacamata dapat menjaga agar progresifitasnya tidak cepat.

"Ketika melihat dekat secara terus-menerus apalagi dalam jangka waktu yang lama, otot-otot di mata bekerjanya kontraksi, ketika kita melihat jauh otot-otot tersebut berelaksasi," lanjutnya.



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia