Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah dan Sejarahnya, Siswa Harus Tahu Nih

Lusiana Mustinda - detikEdu
Senin, 09 Agu 2021 12:10 WIB
Tahun Baru Islam
Foto: iStock
Jakarta - Tahun Baru Hijriyah atau Tahun Baru islam adalah hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam.

Dilansir dalam buku "Di Balik 7 Hari Besar Islam" oleh KH. Muhammad Sholikhin, penanggalan atau kalender yang bahasa Arabnya adalah tarikh, yang berarti juga sejarah adalah sebuah penentuan bagi suatu zaman yang di dalamnya telah terjadi berbagai peristiwa penting yang sangat berpengaruh pada kehidupan individu atau suatu umat.

Dulu, orang-orang Yahudi sangat mengagumkan Nabi Musa, maka mereka mulai penanggalannya dari zaman kenabiannya. Orang-orang Nasrani sangat mengagumi kelahiran Nabi Isa. Sedangkan kaum muslimin mengagungkan Nabi Muhammad, tentu sudah sewajarnya jika mereka memulai tarikhnya sejak hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

Untuk pergantian tahun baru Islam 1443 Hijriyah jatuh pada Selasa 10 Agustus 2021. Akan tetapi Pemerintah mengubah libur Tahun Baru Islam menjadi Rabu 11 Agustus 2021.

Kalender Hijriyah digunakan dalam penanggalan Islam dan menjadi satu dari empat sistem yang banyak diaplikasikan di dunia.

Tulisan seputar sejarah tahun baru Islam 1442 Hijriah tersebut diupload di situs Al Ain University. Penanggalan Hijriah merujuk pada peristiwa migrasi atau hijrah yang dilakukan Rasulullah SAW dari Makkah menuju Madinah pada 622 Masehi.

Hijrah merupakan peristiwa penting dalam perkembangan Islam, karena dengan kepindahan inilah Rasulullah SAW bisa membentuk masyarakat muslim. Sebelum menggunakan kalender Hijriah, muslim merujuk pada peristiwa penting untuk menandai momen bersejarah. Contoh Am al-Fil yaitu tahun saat Nabi Muhammad SAW lahir.

Sekitar3-4 tahun setelah kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab, Abu Musa Al-Ash'ari meminta Khlifah Umar membantu sistem untuk menyelesaikan masalah penanggalan. Setelah berdiskusi beberapa anggota menyarankan kelahiran Rasulullah SAW untuk menandai awal kalender, sebagian wafatnya Nabi Muhammad, namun kebanyakan memberi saran saat terjadi hijrah.

Khalifah Umar kemudian bertanya pada Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib, yang setuju menggunakan hijrah sebagai momen awal Kalender Islam. Dengan penetapan tersebut maka 622 Masehi menjadi tahun pertama pada Kalender Hijriah. (https://www.detik.com/tag/tahun-baru-islam)



Simak Video "Pesan Menag di Tahun Baru Islam, Perkuat Spirit Hijrah Atasi Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia