7 Perpustakaan dengan Desain Unik di Dunia, Ada dari Indonesia?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 05 Agu 2021 11:12 WIB
National Library of Belarus
Perpustakaan di Belarus, National Library of Belarus (dok. National Lib Bel)
Jakarta -

Selain menjadi tempat membaca buku, beberapa perpustakaan juga bisa menjadi tempat untuk memanjakan mata dengan desain uniknya. Bahkan beberapa perpustakaan sengaja dibangun unik hanya untuk menarik minat pengunjung.

Selain itu, kecantikan visual dari beberapa perpustakaan tersebut bisa membuat para pembacanya semakin nyaman untuk berlama-lama di sana. Nah, detikEdu berhasil merangkum perpustakaan dengan desain yang unik di seluruh dunia.

Berikut ini 7 perpustakaan dengan desain unik di dunia yang dikumpulkan dari Delightfull dan Architectural Digest.

1. Strahov Theological Hall, Prague, Ceko

Perpustakaan yang pertama datang dari Ceko. Diketahui ternyata sebelum difungsikan menjadi perpustakaan, bangunan ini dulunya merupakan bangunan biara lho, detikers. Bangunan Strahov baru mulai berfungsi penuh sebagai perpustakaan pada tahun 1979.

Strahov Theological Hall, Prague, CekoStrahov Theological Hall, Prague, Ceko Foto: Strahov Theological Hall, Prague, Ceko (dok www.prague.eu)

Tidak heran bila dahulu digunakan sebagai bangunan biara. Desain interior dari perpustakaan ini menampilkan sekitar 18 ribu teks keagamaan termasuk Alkitab dalam berbagai bahasa.

2. Biblioteca España, Medellin, Kolombia

Perpustakaan Biblioteca España kembali dibangun ulang pada tahun 2007 menggunakan struktur bata dan plesteran sederhana. Tampilan fisiknya semakin terlihat unik karena dibangun di atas bukit.

Biblioteca España, Medellin, KolombiaBiblioteca España, Medellin, Kolombia Foto: Biblioteca España, Medellin, Kolombia (dok. SajoR/WikiCommon)

Tiga bangunan yang menjulang di atas bukit itu digunakan sebagai pusat komunitas, auditorium, dan perpustakaannya sendiri. Di dalamnya, perpustakaan ini menggunakan 3 lantai model mezzanine yang menambah keunikannya.

3. National Library of Belarus, Minsk, Belarus

Bangunan yang tampak menjulang megah di antara sekitarnya adalah perpustakaan nasional dari Belarus. Perpustakaan campur tangan dari arsitektur Victor Kramarenko dan Michael Vinogradov ini memiliki 23 lantai di dalamnya.

National Library of BelarusNational Library of Belarus Foto: National Library of Belarus (dok. National Lib Bel)

Tidak hanya itu, mereka juga menggunakan panel kaca untuk desain eksteriornya. Panel kaca ini akan terlihat seperti berlian yang berkilauan di malam harinya.

4. Danish Royal Library, Copenhagen, Denmark

Perpustakaan dari Denmark ini sudah berdiri sejak tahun 1648 oleh Raja Frederik III. Sebab dulunya sempat digunakan sebagai perpustakaan kerajaan.

Danish Royal LibraryDanish Royal Library Foto: Danish Royal Library (dok. Danish Royal Library)

Selain desain interiornya yang unik dan dibangun dengan banyak kaca, perpustakaan Danish Royal Library juga menawarkan buku-buku yang dicetak sejak tahun 1482. Setiap buku sejak abad ke-17 bisa dapat ditemukan di sini.

Selanjutnya Real Gabinete Portugues de Leitura

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia