6 Negara yang Dikenal Sebagai Lumbung Padi di Asia Tenggara

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 05 Agu 2021 10:06 WIB
Petani di Situbondo Kembangkan Padi Varietas Baru, Hasilkan 2X Lipat Dari Normalnya
6 Negara yang Dikenal Sebagai Lumbung Padi di Asia Tenggara.Foto: Chuk Shatu Widarsha/
Jakarta -

Ada 6 negara yang dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara. Sebutan ini muncul karena tingkat produksi beras yang tinggi. Lumbung padi dalam budaya agraris Indonesia adalah tempat menyimpan hasil panen.

Daftar negara lumbung padi ini dikutip dari buku Mengenal ASEAN dan Negara Negaranya yang ditulis Tri Prasetyono, S Pd, Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas VIII karya Tim Ganesha Operation, dan Arif Cerdas Untuk Sekolah Dasar Kelas 6 dari Christiana Umi.

Daftar negara yang dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara:

1. Thailand

2. Vietnam

3. Myanmar

4. Laos

5. Filipina

6. Indonesia

Indonesia sebetulnya memiliki tingkat produktivitas beras yang cukup tinggi hingga masuk daftar negara lumbung padi. Data BPS menyatakan, produksi padi pada 2020 sebesar 54,65 juta ton gabah kering giling (GKG).

Jumlah produksi beras mengalami kenaikan sebanyak 45,17 ribu ton atau 0,08 persen jika dibandingkan dengan 2019. Jika dikonversi menjadi beras, total produksi mencapai 31,33 juta ton pada 2020.

Jumlah tersebut naik sebanyak 21,46 ribu ton atau 0,07 persen daripada 2019 sebesar 31,31 juta ton. Sayangnya total produksi beras belum mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia hingga harus impor.

Asia Tenggara juga memiliki lembaga penelitian padi internasional yang terletak di Los Banos, Filipina. Lembaga tersebut adalah Internasional Rice Research Institute (IRRI) yang hasil risetnya digunakan banyak negara.

Gumana detikers, sudah jelas ya negara yang dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara. Semoga bermanfaat.



Simak Video "Puan Gaungkan Porang Sebagai Makanan Pengganti Nasi"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia