Negara Indonesia Punya Keajaiban Alam, Ada Kawah Ijen hingga Danau Kelimutu

Anastasia Anjani - detikEdu
Kamis, 05 Agu 2021 08:30 WIB
Danau tiga warna di Flores
Foto: (andikset/d'Traveler)
Jakarta -

Negara Indonesia adalah negara yang sangat kaya dan memiliki banyak keajaiban. Keajaiban yang ada di negara Indonesia tersebar di seluruh pelosok negeri, dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Apakah detikers penasaran dengan keajaiban yang ada di negara Indonesia? Berikut adalah 8 keajaiban alamnya yang dikutip dari laman resmi Kemenparekraf:

1. Kawah Ijen

Para Penambang BelerangPara Penambang Belerang Foto: detik

Kawah Ijen sudah menjadi destinasi populer yang ada di Indonesia. Kawah Ijen sendiri merupakan satu dari dua tempat fenomena alam blue fire di di dunia selain di Islandia.

Selain itu di Kawah Ijen juga memiliki danau air asam kuat yang terbesar di dunia. Wisatawan yang berkunjung dapat melihat uap yang keluar dari kawah, dengan pancaran biru kehijauan nan cantik di bagian permukaannya.

2. Gunung Bromo

Pemilik mengantarkan pengunjung berkuda di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (13/6/2021). Para pemilik kuda tersebut menawarkan jasanya kepada wisatawan yang ingin menuju puncak Gunung Bromo menggunakan kuda dengan tarif Rp50 ribu sampai Rp150 ribu. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.Pemilik mengantarkan pengunjung berkuda di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (13/6/2021). Para pemilik kuda tersebut menawarkan jasanya kepada wisatawan yang ingin menuju puncak Gunung Bromo menggunakan kuda dengan tarif Rp50 ribu sampai Rp150 ribu. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc. Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Gunung Bromo adalah menjadi salah satu keajaiban alam Indonesia. Bahkan di Gunung Bromo pernah masuk ke dalam 50 Awe Inspiring Natural Wonders versi CNN Travel tahun 2017.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo menikmati keindahan matahari terbit secara langsung. Di Bromo sendiri wisatawan juga dapat melihat langsung kawah seluas 10 km yang terbentuk setelah terjadinya letusan api vulkanik kaldera Tengger.

3. Rafflesia Arnoldii

Bunga Rafflesia ArnoldiiBunga Rafflesia Arnoldii Foto: (dok Istimewa)

Rafflesia Arnoldii merupakan bunga endemik Indonesia. Bunga ini memiliki ukuran yang cukup besar bahkan diameternya mencapai satu meter. Rafflesia Arnoldii juga biasa disebut sebagai Bunga Bangkai dan memiliki bau yang cukup tajam yang dapat tercium hingga jarak 30 meter.

Saat ini Rafflesia Arnoldii dapat dilihat di beberapa tempat, seperti Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas Cianjur, Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

4. Green Canyon

Green CanyonGreen Canyon Foto: (Ibeng/d'travelers)

Green Canyon terletak di Jawa Barat. Pemandangan yang dapat dilihat dari Green Canyon adalah tebing berwarna hijau yang cantik dan unik karena dipenuhi oleh lumut. Green Canyon sendiri dijuluki sebagai sepotong surga di bumi.



Simak Video "Pemandangan Fenomenal Di Atas Kawah Gunung Bromo, Malang"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia