Daerah PPKM Level 4 Artinya Apa? Berikut Aturannya

Rosmha Widiyani - detikEdu
Rabu, 04 Agu 2021 16:10 WIB
Personel Kepolisian memasang rambu penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pertigaan Simpang Kampus USU, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (12/7/2021). Penyekatan tersebut dalam rangka mengurangi mobilitas warga demi mengurangi angka penyebaran COVID-19 selama pemberlakuan PPKM Darurat di Kota Medan. ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Daerah PPKM Level 4 Artinya Apa? Berikut Aturannya.
Jakarta - Pemberlakuan PPKM level 4 kembali tidak lagi hanya diterapkan di Jawa dan Bali. Sejumlah provinsi luar Jawa dan Bali yang dinilai wajib memberlakukan pembatasan ekstra juga menerapkan PPKM level 4.

Terkait jumlah dan tingkat penularan COVID-19, wilayah lain masuk dalam PPKM level 3 dan 2. Penetapan level PPKM dilakukan berdasarkan Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial Dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang diterbitkan Kemenkes

Daerah PPKM level 4 artinya apa?

Dikutip dari aturan tersebut, salah satu indikator penetapan level PPKM adalah tingkat transmisi komunitas. Parameter indikator ini adalah jumlah kasus konfirmasi, rawat inap RS, dan kematian.

Transmisi komunitas tingkat 4 artinya ada lebih dari 150 ribu kasus baru per 100 ribu penduduk tiap minggu. Selain itu, ada lebih dari 30 angka kejadian rawat inap baru dan lima kematian COVID-19 per 100 ribu populasi tiap minggu.

Aturan Kemenkes juga menyusun rekomendasi tingkat upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial, berdasarkan level situasi pandemi. Tingkat situasi 4 diartikan transmisi yang tidak terkontrol dengan kapasitas respons tidak memadai.

"Pembatasan luas perlu dilakukan untuk menekan laju penularan wabah. Pembatasan pergerakan yang ketat serta tindakan terkait perlu dilakukan untuk mengurangi jumlah pertemuan tatap muka secara signifikan," tulis rekomendasi tersebut untuk level situasi pandemi 4.

Rekomendasi menyatakan, langkah pembatasan dilakukan di wilayah yang cukup luas dan untuk periode waktu yang dianggap paling efektif untuk menurunkan tingkat transmisi. Dengan dasar ini, sejumlah aturan dibuat untuk pembatasan kegiatan sehari-hari.

Aturan inilah yang kemudian dikenal sebagai PPKM level 4. Dikutip dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 27 tahun 2021, PPKM level 4 diterapkan juga di sekolah. PPKM level 4 menentukan pembelajaran dilakukan online atau tatap muka.

"Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (sekolah, perguruan tinggi, akademi, tempat pendidikan/pelatihan) dilakukan secara daring/online," tulis Inmendagri tersebut.

Berikutnya adalah daftar daerah PPKM level 4



Simak Video "PPKM Diperpanjang, Wagub Jabar: Membawa Dampak Positif"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia