ASEAN Berdiri Atas Dasar dari Deklarasi Apa, Ada yang Tahu?

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 03 Agu 2021 07:01 WIB
ASEAN
Foto: US Mission to ASEAN
Jakarta -

Association of South East Asian Nations atau ASEAN adalah organisasi kerjasama regional negara-negara Asia Tenggara. ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967.

ASEAN berdiri atas dasar dari Deklarasi Bangkok. Nama lain Deklarasi Bangkok adalah Deklarasi ASEAN. ASEAN didirikan di Bangkok atas prakarsa lima negara di kawasan Asia Tenggara, seperti dikutip dari laman resmi ASEAN.


Lima negara pendiri ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura. Masing-masing perwakilan negara pendiri ASEAN menandatangani Deklarasi Bangkok tersebut. Tun Abdul Razak adalah pendiri ASEAN yang berasal dari Malaysia.

Lima tokoh pendiri ASEAN yang yang menandatangani Deklarasi Bangkok selengkapnya yaitu:

1. Adam Malik, perwakilan dari Indonesia
2. Tun Abdul Razak, perwakilan dari Malaysia
3. Thanat Koman, perwakilan dari Thailand
4. Narciso R. Ramos, perwakilan dari Filipina
5. Sinnathamby Rajaratnam (S. Rajaratnam), perwakilan dari Singapura

Dikutip dari buku Sejarah SMP/MTs Kelas IX, sebagai landasan berdirinya ASEAN, Deklarasi Bangkok menyatakan tujuan berdirinya ASEAN sebagai berikut:

1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial

2. Mengembangkan kebudayaan melalui usaha bersama

3. Mengusahakan perdamaian dan stabilitas regional

4. Berusaha mendorong kerjasama yang aktif dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknik, sains, dan administrasi

5. Saling bantu antar anggota ASEAN dalam menyediakan fasilitas latihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, teknik, dan administrasi

6. Berusaha mengembangkan kerjasama dalam bidang pertanian dan industri, perluasan perdagangan, perbaikan transportasi dan komunikasi, dan memperbaiki taraf hidup masyarakat.

Mencapai tujuan Deklarasi Bangkok tidaklah mudah. Perlu ada persatuan di antara negara-negara ASEAN, sebab posisi kawasan Asia Tenggara yang strategis dapat menjadi ajang pertarungan politik yang akan menggagalkan Deklarasi Bangkok.

Untuk itu, pada 27 November 1971 ditandatangani Deklarasi ZOPFAN (Zone of Peace, Freedom, and Neutrality) yang juga disebut Deklarasi Kuala Lumpur. Isi deklarasi ini yaitu kelima negara pendiri ASEAN sepakat melakukan upaya menjalin pengakuan dan penghormatan wilayah Asia Tenggara sebagai zona damai, bebas, dan netral dari setiap bentuk campur tangan kekuatan-kekuatan luar, serta memperluas daerah kerjasama untuk mempererat solidaritas dan hubungan yang telah terjalin.

Keanggotaan ASEAN terbuka bagi seluruh negara-negara di Asia Tenggara. Semua negara di kawasan Asia Tenggara diundang untuk menjadi anggota. Tetapi semula, Burma (Myanmar), Laos, Kamboja, dan Brunei Darussalam belum tertarik untuk bergabung. Kemudian, negara-negara ini bergabung dengan ASEAN, sehingga saat ini jumlah anggota ASEAN adalah 10 negara.



Simak Video "Jokowi-Pemimpin ASEAN Bicara Perubahan Iklim Bareng Wapres AS"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia