Apa Saja Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Pandangan Hidup Bangsa?

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 02 Agu 2021 14:20 WIB
Ilustrasi bendera Indonesia
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Pandangan hidup adalah suatu wawasan menyeluruh terhadap kehidupan yang terdiri dari kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur. Pandangan hidup berfungsi sebagai alat untuk mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya.


Pandangan hidup bangsa adalah kristalisasi nilai-nilai yang diyakini kebenarannya maupun manfaatnya oleh suatu bangsa, sehingga bangsa tersebut mampu menumbuhkan tekad untuk mewujudkannya dalam sikap hidup sehari-hari. Nah, apakah kamu bisa jelaskan yang terkandung dalam pandangan hidup bangsa?


Pandangan hidup bangsa mengandung rangkaian nilai-nilai luhur. Pandangan hidup bangsa Indonesia adalah Pancasila, seperti dikutip dari buku Spiritualisme Pancasila oleh Fokky Fuad Wasitaatmadja.


Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pandangan hidup bangsa Indonesia adalah nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila tersebut berasal dari budaya masyarakat bangsa Indonesia sendiri.


Pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah detik.com/tag/pancasila-sebagai-pandangan-hidup-bangsa Pancasila menjadi pemberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin bagi masyarakat yang beraneka ragam sifatnya, seperti dikutip dari Buku Ajar Pendidikan Pancasila oleh Irwan Gesmi, S.Sos.dan M.Si, Yun Hendri, S.H., M.H.


Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yaitu sebagai berikut:


1. Mempererat bangsa Indonesia, memelihara, dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan. Fungsi Pancasila ini penting bagi Indonesia karena Pancasila tidak hanya ide atau perenungan satu orang saja, melainkan dirumuskan melalui kesepakatan anak bangsa untuk seluruh bangsa Indonesia.


2. Membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya. Pancasila memberi cita-cita bangsa Indonesia dan menjadi sumber motivasi atau tekad perjuangan mencapai cita-cita pembangunan nasional, yang sekaligus menjadi bentuk pengamalan Pancasila.


3. Menyoroti kenyataan yang ada dan mengkritisi upaya perwujudan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila sendiri. Pancasila menjadi ukuran untuk melakukan kritik mengenai keadaan bangsa dan negara Indonesia.


Pandangan hidup suatu bangsa merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bangsa tersebut. Bangsa yang tidak memiliki pandangan hidup adalah bangsa yang tidak memiliki jati diri atau identitas dan kepribadian, seperti dikutip dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN di Perguruan tinggi Tinggi) oleh Sarinah, Muhtar Dahri, dan Harmaini.


Bangsa yang tidak memiliki pandangan hidup berisiko mudah terombang-ambing dalam menjalani kehidupannya. Terutama saat menghadapi berbagai tantangan dan pengaruh, baik yang datang dari luar maupun dari dalam di era globalisasi.


Makna Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia adalah Pancasila sebagai jati diri dan kepribadian bangsa yang merupakan kristalisasi dari nilai-nilai yang hidup dan sudah lama ada, dan berkembang di akar pribadi dan budaya bangsa Indonesia.


Contoh Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa seperti dikutip dari buku Mengenal Pancasila oleh Dimas Faturrahman adalah sebagai berikut:


1. Menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

2. Menggunakan Pancasila sebagai petunjuk hidup agar mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir batin sehari-hari

3. Menjunjung tinggi Pancasila

4. Mematuhi peraturan pemerintahan


Nah, semoga sudah paham ya detikers nilai-nilai yang terkandung dalam pandangan hidup bangsa!



Simak Video "Besok Hari Lahir Pancasila, Warga Diimbau Tak Gelar Upacara Fisik"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia