Dear Calon Guru PPPK 2021, Ini Materi dan Latihan Soal dari Kemdikbud

fahri zulfikar - detikEdu
Minggu, 01 Agu 2021 07:03 WIB
Syarat CPNS 2021
Dear Calon Guru PPPK 2021, Ini Materi dan Latihan Soal dari Kemdikbud (Ilustrasi Mindra Purnomo/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) telah meluncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri bagi Calon Guru Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK).

Menurut keterangan di laman resmi GTK Kemdikbud, program Seri Belajar Mandiri ini dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru calon ASN PPPK dengan mengedepankan konsep ruang kolaborasi dan komunitas pembelajaran secara daring.

Isi program tersebut antara lain berupa materi, perangkat, latihan soal-soal, community learning serta tryout sebagai tambahan bekal untuk mengikuti seleksi Guru ASN PPPK.

Adapun tujuan program Guru Belajar dan Berbagi Calon Guru ASN PPPK di antaranya adalah sebagai berikut.

- Peserta mampu menggunakan bahan belajar mandiri dan latihan soal untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Guru ASN PPPK
- Peserta mampu menggunakan sistem bahan belajar mandiri yang mudah, ringan, ringkas
- Peserta mampu menggunakan komunitas pembelajaran dalam membangun pengetahuan dan keterampilannya


Ketentuan peserta

Peserta yang boleh mengikuti program yakni:

- Semua guru non PNS yang terdaftar di Dapodik
- Telah memiliki Akun SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).

Bagi calon pendaftar PPPK Guru 2021 yang ingin mengikuti latihan soal melalui program ini, simak tahapan dan jadwalnya berikut ini:

Tahap 1 : Fasilitasi Pembelajaran

Pada tahapan ini, peserta secara mandiri dan berkolaborasi dapat mempelajari substansi pedagogi dan bidang studinya masing-masing.

Selain itu peserta juga bisa memanfaatkan fasilitas komunitas pembelajaran dalam mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya.


Tahap 2 : Tryout Modul Belajar Mandiri


Pada tahapan ini, peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti latihan soal-soal pedagogik dan bidang studinya masing-masing setelah proses belajar mandiri dilakukan.

Peserta yang telah mengikuti tryout dapat kembali ke Tahap 1 untuk melakukan pendalaman materi pedagogik dan materi sesuai bidang studinya masing-masing sehingga lebih meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya.

Lalu, kapan pelaksanaanya?

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui jadwal pelaksanaan materi dan latihan soal dari Kemendikbudristek

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia