3 Tips Membangun Budaya Investasi di Era Digital dari Dosen UNS, Apa Saja?

fahri zulfikar - detikEdu
Sabtu, 31 Jul 2021 18:07 WIB
ilustrasi investasi
3 Tips Membangun Budaya Investasi di Era Digital dari Dosen UNS, Apa Saja? (Foto: iStock)
Jakarta -

Perkembangan teknologi turut berimbas pada bidang lain seperti perencanaan uang yang beralih ke digital. Sebut saja platform investasi digital yang marak ditemukan.

Di zaman ini, siapapun bisa mengunduh platform investasi digital melalui telepon genggamnya. Bahkan beberapa platform investasi digital sudah memberikan panduan berinvestasi sehingga memudahkan penggunanya.

Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Reza Sukma Nugraha, S.Hum, mengatakan kemudahan berinvestasi di era digital turut menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengelola keuangan mereka baik di masa kini maupun di masa mendatang.

"Di era digital ini banyak sekali sebetulnya potensi-potensi dan peluang-peluang kita untuk mengelola keuangan. Tidak hanya mengelola tapi kita juga mengembangkan aset dan keuangan kita agar mendapatkan keuntungan di masa depan yang dapat menunjang kehidupan kita menjadi lebih baik," terang Reza seperti dikutip detikEdu dari laman resmi UNS (31/7).

Dengan kondisi yang serba digital ini, Reza juga mengajak masyarakat untuk mulai membiasakan diri berinvestasi di dunia digital.

Menurutnya, kemajuan di era digital akan menciptakan budaya digital/ digital culture yang meliputi pembentukan perilaku dan kebiasaan masyarakat serta pembentukan norma dan aturan di era digital.

"Saya kira tidak sedikit ya di luar sana yang masih berpandangan atau berpendapat bahwa 'saya itu hidup untuk hari ini saja, besok ya gimana nanti'. Nah, sebetulnya pola-pola seperti itu yang saya ajak untuk bisa diubah," tuturnya.

Namun, kemajuan teknologi di era digital juga perlu diimbangi dengan pengetahuan mengenai digital safety.

Lebih lanjut Reza menjelaskan bahwa pemahaman tentang digital safety dapat menghindarkan masyarakat dari tindak kriminal yang sering terjadi di era digital, misalnya penipuan digital.


"Intinya, kita ikuti saja perkembangan teknologi yang ada. Lalu, edukasi melalui orang terdekat," imbuhnya.


Berikut ini 3 tips membangun budaya investasi di era digital menurut dosen UNS.

Klik Halaman Selanjutnya untuk Membaca

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia