27 Suku Penduduk Asli Filipina, Sebagian Jadi Petani

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 31 Jul 2021 09:03 WIB
Ilustrasi Bendera Filipina
Tahukah kamu penduduk asli Filipina? Ini jawabnya (Foto: Internet)
Jakarta - Sebanyak 27 suku penduduk asli Filipina yang tinggal di Luzon serta kawasan tengah dan selatan negara tersebut telah diketahui. Dikutip dari Minority Rights Group International, sebagian penduduk berprofesi sebagai petani.

Sebanyak 10 suku mendiami dataran tinggi wilayah Luzon, sedangkan 17 konsentrasi masyarakat adat lain memilih area tengah dan selatan. Sebelumnya, penduduk asli Filipina adalah bangsa Negrito yang sampai di wilayah tersebut sekitar 40 ribu tahun lalu.

Daftar 27 suku penduduk asli Filipina

A. 10 suku asli Filipina di dataran tinggi Luzon

  1. Ifugao
  2. Bontoc
  3. Kankanay
  4. Ibaloi
  5. Kalinga
  6. Tinguian
  7. Isneg
  8. Gaddang
  9. Ilongot
  10. Negrito.

Orang Ifugao di provinsi Ifugao, orang Bontoc di gunung dan provinsi Kalinga-Apayao, dan orang Kankanay serta orang Ibaloi di provinsi Benguet adalah petani padi basah di sawah terasering.

Sedangkan orang Isneg dari Kalinga-Apayao utara, Gaddang dari perbatasan antara provinsi Kalinga-Apayaom dan Isabela, dan orang Ilongot dari provinsi Nueva Vizcaya mempraktikkan perladangan berpindah.

B. 17 suku asli Filipina di kawasan tengah dan selatan

  1. Ata
  2. Bagobo
  3. Guiangga
  4. Mamanwa
  5. Magguangan
  6. Mandaya
  7. Banwa-on
  8. Bukidnon
  9. Dulangan
  10. Kalagan
  11. Kulaman
  12. Manobo
  13. Subanon
  14. Tagabili
  15. Takakaolo
  16. Talandig
  17. Tiruray atau Teduray.

Mereka berasal dari pengelompokkan suku Lumad.

Data Minority Rights Group International dan United Nations Economic and Social Council (ECOSOC) menyatakan, kelompok Lumad di Mindanao masih mengalami perampasan tanah. Hal ini disebabkan pulau Mindanao kaya sumber daya alam dan sebelumnya berpenduduk sedikit dibandingkan Luzon.

Terkait Negrito, bangsa ini dikenal juga dengan sebutan Aeta dikutip dari buku llmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk Sekolah Dasar/MI Kelas 6 karya Suparman. Penampilannya mirip orang Pygmies di hutan-hutan dekat garis khatulistiwa Afrika.

Laman University of Alberta menjelaskan, penduduk asli Filipina ini merupakan orang Australo-Melanesian dengan kulit gelap dan rambut cokelat keriting yang tumbuh rapat. Postur tubuhnya kecil dan pendek, dengan kehidupan yang selalu berpindah-pindah (nomaden).

Bangsa Negrito hidup dari berburu dan mengumpulkan bahan makanan, yang dilakukan bersama beberapa keluarga tanpa pemimpin formal. Semula bangsa Negrito tersebar di Filipina, namun akhirnya hidup di ketinggian terpencil wilayah Luzon, Palawan, Panay, Negros, dan Mindanao.

Salah satu penyebab migrasi penduduk asli Filipina adalah datangnya orang Melayu atau Proto Melayu. Namun sejumlah penduduk asli justru berkembang akibat migrasi. Mereka kemudian memiliki sebutan pembeda, misal Igorot di Luzon dan Lumad di Mindanao.

Gimana detikers, sudah paham siapa penduduk asli Filipina kan?

Simak Video "Masih Ingin Berkuasa di Filipina, Duterte akan Maju Jadi Cawapres"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia