Micin Bisa Menyuburkan Tanaman, Benar Nggak Sih?

Lus - detikEdu
Jumat, 30 Jul 2021 09:32 WIB
Molecule of glutamate (MSG), a flavor enhancer in many asian food
Foto: Getty Images/iStockphoto/topthailand
Jakarta - Vetsin dikenal juga dengan sebutan micin. Vetsin atau monosodium glutamate (MSG) merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami.

Dilansir dalam Instagram Kemendikbud RI, Jumat (30/7/2021), MSG (monosodium glutamate) adalah asam glutamat dengan konsentrasi 78 persen, natrium benzoat 12 persen, dan air 10 persen.

Bisa Menyuburkan Tanaman

Natrium ialah salah satu unsur hara mikro yang sangat dibutuhkan dan besar perannya dalam pertumbuhan tanaman sehingga dapat digunakan sebagai penyubur tanaman.

Dalam jurnal penelitian yang berjudul "Pengaruh Pemberian Monosodium Glutamate Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.)" dari Univ PGRI Palembang, hasilnya menunjukkan bahwa monosodium glutamat (MSG) berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan diameter batang tanaman cabai rawit, jumlah daun, serta tinggi batang.

Sedangkan dalam penelitian lain yang berjudul "Impacts of Monosodium Glutamate Industrial Wastewater on Plant Growth and Soil Characteristics" dari Yenepoya University disebutkan bahwa MSGW dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhan tanaman.

Manfaat vetsin atau micin untuk tanaman

1. Meningkatkan kadar air pada tanaman
2. Mempercepat pembungaan pada tanaman
3. Merangsang pertumbuhan tanaman
4. Membuat tanaman lebih tahan terhadap penyakit
5. Menjadi pupuk ramah lingkungan

Cara mengaplikasikan vetsin atau micin ke tanaman

- Ditaburkan langsung
- Larutkan ke dalam air dan siramkan ke tanaman
- Semprotkan larutan vetsin ke daun tanaman

Catatan penting yang perlu diperhatikan, meskipun bisa menjadi pupuk, akan tetapi vetsin atau micin tidak dapat dijadikan sebagai pupuk tunggal untuk tanaman. Vetsin hanya mengandung unsur hara mikro berupa unsur natrium, sedangkan tanaman membutuhkan unsur hara makro dan mikro dalam jumlah yang lengkap.



Simak Video "Gerak Kementan Tingkatkan Ekspor Tanaman Hias"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia