Bisa Sebutkan Unsur-unsur Terbentuknya Bangsa dan Negara? Ini Jawabannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 28 Jul 2021 16:01 WIB
Salah satu adat istiadat dan kebudayaan Tana Toraja yang hingga sekarang masih terjaga kuat dan tetap dijalani adalah upacara kematian atau yang biasa disebut Rambu Solo. Upacara Adat Rambu Solo adalah salah satu ritual adat kematian di Tana Toraja yang bermakna mengantarkan arwah yang meninggal hingga ketujuannya yakni alam roh.
Kebudayaan merupakan salah satu dari empat unsur-unsur terbentuknya bangsa (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Jika ada pertanyaan sebutkan unsur-unsur terbentuknya bangsa, apakah detikers dapat menjawabnya? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian bangsa adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

Unsur-unsur terbentuknya bangsa yang dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan karya Maryanto terdiri atas empat hal.

Unsur-unsur Terbentuknya Bangsa

1. Suku Bangsa

Suku bangsa adalah golongan sosial khusus yang bersifat askriptif (ada sejak lahir) yang sama coraknya dengan golongan umur dan jenis kelamin.

2. Agama

Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghuchu.

3. Kebudayaan

Unsur terbentuknya bangsa yang ketiga adalah kebudayaan.

4. Bahasa

Bahasa adalah unsur pendukung identitas bangsa. Bahasa adalah sistem lambang yang dibentuk dari unsur-unsur bunyi ucapan manusia dan digunakan sebagai sarana berinteraksi antar manusia.


Unsur-unsur terbentuknya bangsa berbeda dengan negara. Menurut Weber, negara adalah asosiasi suatu masyarakat yang memiliki monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah. Keterangan ini memperjelas perbedaan bangsa dan negara.


Unsur Unsur Terbentuknya Negara

Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X karya Retno Lisyarti dan Setiadi:

1. Rakyat

Rakyat dalam suatu negara adalah semua orang yang secara nyata berada dalam wilayah suatu negara yang tunduk dan patuh terhadap peraturan dalam negara tersebut. Rakyat dibagi menjadi dua yaitu penduduk yang merupakan warga negara tersebut dan bukan penduduk yaitu mereka yang tinggal sementara waktu.

2. Wilayah

Wilayah adalah unsur mutlak dari suatu negara. Wilayah adalah landasan material atau landasan fisik negara. Luas wilayah suatu negara ditentukan oleh perbatasannya. Di dalam batas tersebut, negara wajib menjalankan yuridiksi territorial tersebut.

Secara umum wilayah suatu negara dapat dibedakan atas wilayah daratan, wilayah lautan, wilayah udara, dan wilayah ekstrateritorial.


3. Pemerintahan yang Berdaulat

Unsur-unsur terbentuknya negara yang ketiga adalah pemerintahan yang berdaulat. Adanya suatu pemerintahan yang berkuasa atas seluruh wilayahnya dan segenap rakyatnya merupakan syarat mutlak keberadaan negara.

Kekuasaan itu disebut sebagai kedaulatan. Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi dalam suatu negara yang berlaku terhadap seluruh wilayah dan segenap rakyat negara itu.

Kedaulatan negara bersifat asli, tertinggi, dan tidak dapat dibagi-bagi.

4. Pengakuan dari Negara Lain

Pengakuan dari negara lain merupakan unsur yang memperkuat terbentuknya sebuah negara. Pengakuan dari negara lain merupakan unsur yang menerangkan bahwa suatu negara telah berdiri sehingga negara tersebut dikenal oleh negara-negara lain.

Pengakuan dari negara lain dibagi menjadi dua yaitu de facto dan de jure. De facto adalah pengakuan berdasarkan kenyataan yang ada atau fakta yang sungguh-sungguh nyata tentang berdirinya suatu negara. Sedangkan pengakuan de jure adalah pengakuan berdasarkan pernyataan resmi menurut hukum internasional.

Jadi detikers jika ditanya sebutkan unsur-unsur terbentuknya bangsa dan negara tidak usah bingung-bingung lagi ya!



Simak Video "100 Tokoh Bangsa Sampaikan 8 Pokok Pikiran Atasi Pandemi ke Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia