Seputar Suku Bangsa Sumatera Barat Beserta Rumah Adatnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 22 Jul 2021 10:05 WIB
Rumah Gadang atau Rumah Godang adalah nama untuk rumah adat Minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Baanjuang. detikfoto/dikhy sasra
Foto: dikhy sasra
Jakarta - Suku bangsa Sumatera Barat tersebar di beberapa wilayah kota dan kabupaten. Salah satunya adalah suku Minangkabau. Apa saja suku bangsa Sumatera Barat yang lain?


Provinsi Sumatera Barat memiliki jumlah penduduk 4.864.909 yang tersebar di 19 kota dan kabupaten, di mana setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing.


Ciri khas tersebut juga di latar belakangi oleh adanya suku bangsa yang telah mendiami daerah-daerah di Sumatera Barat.


Dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, berikut ini suku bangsa Sumatera Barat.


Suku Bangsa Sumatera Barat


1. Suku Bangsa Minangkabau

Suku Minang atau Minangkabau menjadi suku mayoritas yang mendiami wilayah Sumatera Barat. Bahasa yang digunakan suku Minang adalah bahasa Minangkabau.

Bahasa tersebut dipakai dalam percakapan sehari-hari yang memiliki dialek seperti, dialek Pariaman, dialek Payakumbuh, dialek Pesisir Selatan, dan dialek Bukittinggi.

2. Suku Bangsa Mentawai


Dilansir dari laman resmi Yayasan Pendidikan Budaya Mentawai, suku bangsa Mentawai merupakan suku yang berada di lepas pantai barat Sumatera (Indonesia) yang terdiri dari sekitar 70 pulau dan pulau.

Empat pulau utama adalah Utara dan Pagai Selatan, Sipora, dan Siberut; dengan Siberut dengan luas total 4.480 kilometer persegi dan dengan jumlah penduduk sekitar 29.918 jiwa.

Di pulau-pulau tersebut, 90%-nya adalah penduduk asli asal Mentawai sementara yang lain 10% dianggap terdiri dari Minangkabau, Jawa, dan Batak.


3. Suku Bangsa Batak Mandailing


Suku bangsa Mandailing atau Batak Mandailing merupakan suku bangsa yang mendiami beberapa Kabupaten dari beberapa provinsi, diantaranya:


- Provinsi Sumatera Utara: Mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Asahan, dan Kabupaten Batubara.

- Provinsi Sumatera Barat: Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat

- Provinsi Riau: Kabupaten Rokan Hulu


Budaya suku Mandailing diatur dalam sebuah surat bernama Surat Tumbaga Holing (Serat Tembaga Kalinga), yang selalu dibacakan dalam upacara-upacara adat.


Orang Mandailing mengenal tulisan yang dinamakan Aksara Tulak-Tulak, yang merupakan varian dari aksara Proto-Sumatera, yang bersumber dari huruf Pallawa.


Rumah Adat Suku Bangsa Sumatera Barat


Secara umum, suku bangsa di Sumatera Barat mengenal rumah adat bernama Rumah Gadang. Rumah ini dikenal berasal dari suku Minangkabau.


Bentuk Rumah Gadang ini empat persegi panjang dan terbagi atas dua bagian yaitu muka dan belakang, Rumah Gadang terbuat dari bahan kayu


Uniknya, rumah adat suku bangsa Sumatera Barat ini dalam proses pembuatannya tidak memakai paku besi tapi hanya menggunakan pasak yang terbuat dari bahan kayu.


Itulah suku bangsa Sumatera Barat adatnya. Jadi semakin tahu kan detikers?



Simak Video "Gempa M 5,7 Bikin Dinding RSUD Mentawai Retak"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia