24 Tarian Daerah Kalimantan, Tari Baksa Kembang sampai Tari Burung Enggang

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 16 Jul 2021 20:16 WIB
Warga dari Suku Dayak Tidung menarikan tarian tradisional di sanggar Busak Malay, Desa Sei Fatimah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu (6/10). Berbeda dengan Suku Dayak Tidung lebih mengarah ke Melayu. Ini dapat dilihat dari corak musik dan gerak tari para penari sanggar. Tidung sendiri memiliki arti bukit atau tanah tinggi. Tidung sendiri memiliki  arti tanah tinggi atau bukit.
Salah satu tarian daerah Kalimantan Utara dari suku Tidung (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Kesenian daerah Kalimantan salah satunya adalah tari daerah. Apa nama tarian daerah Kalimantan yang kamu tahu?

Tarian tradisional Kalimantan memiliki beragam jenis, mulai dari tari penyambutan atau tari selamat datang, tarian perang, tari perayaan, tari penghormatan, dan lain-lain. Tari daerah Kalimantan berasal dari berbagai suku di Kalimantan dan berkembang di penjuru pulau Borneo ini.

Berikut 24 tarian daerah Kalimantan yang dirangkum detikEdu:

Tari daerah Kalimantan Utara

1. Tari Busak Baku

Tari Busak Baku merupakan tarian tradisional suku Dayak Lun Dayeh. Busak Baku adalah jenis bunga beraroma wangi dan berbentuk indah. Bunga ini lambang kehidupan suku Lun Dayeh yang harmonis, kuat dan menyatu. Tarian daerah Kalimantan Utara ini mewakili ikatan emosional dan kekeluargaan. Tarian ini bermula dari syair khas Lun Dayeh yang ada sejak berabad-abad lalu, seperti dikutip dari buku Kaltara oleh Dr. Yansen TP., M.Si

2. Tari Mance

Tari Mance merupakan tarian daerah Kalimantan Utara khas masyarakat suku Bulungan. Tari ini merupakan tarian silat yang luwes dan ditujukan untuk hiburan. Tari ini dibawakan dua pemuda dengan busana adat Bulungan dengan selempang kuning dan ikat kepala. Penari menari dalam sebuah lingkaran diiringi bunyi gong bertalu-talu.

3. Tari Jepit Kinsat Suara Siam

Tari Jepit Kinsat Suara Siam merupakan tarian suku Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara. Tari ini menjadi berbeda dengan tari Jepin lainnya karena didominasi ragam gerak waltz. Waltz adalah jenis tarian dalam ruangan atau indoor dan tarian rakyat dalam ketukan 3/4 terutama dalam posisi tertutup.

4. Tari Magunatip

Tari Magunatip atau Tari Lalatip adalah tarian daerah Kalimantan Utara dari suku Dayak Tahol. Lalatip artinya menjepit. Tarian ini memperlihatkan ketangkasan kaki penari yang melompat dan menghindari rintangan. Di masa lalu, tari Magunatip berfungi untuk melatih keterampilan berperang anak muda Tahol.


5. Tari Ta' Lande

Tari Ta' Lande berasal dari Dayak Lun Dayeh. Tarian ini juga merupakan gabungan syair-syair, lagu dan tarian yang melambangkan kebersamaa. Penari Ta' Lande terdiri atas banyak orang, bisa puluhan sampai ratusan orang. Penari menari tarian daerah Kalimantan ini dalam satu gerak dan lagu yang sama sambil memegang pundak penari di depannya.

Tarian tradisional daerah Kalimantan Timur

6. Tari Burung Enggang

Tari Burung Enggang adalah tarian daerah Kalimantan Timur khas masyarakat suku Dayak Kenyah. Tarian tradisional ini menggambarkan kehidupan sehari-hari burung enggang yang dimuliakan oleh suku Dayak Kenyah. Burung enggang adalah lambang keagungan, kepahlawanan, dan perdamaian bagi suku Dayak Kenyah.

Burung enggang juga simbol watak seorang pemimpin yang dicintai rakyat. Sayapnya yang tebal melambangkan seorang pembimbing yang melindungi rakyat Suara keras burung enggang menjadi lambang perintah pemimpin yang selalu didengar.

Ekor panjangnya lambang kemakmuran rakyat. Menurut kepercayaan masyarakat Dayak Kenyah, nenek moyang mereka berasal dari langit yang turun ke bumi menyerupai burung enggang, seperti dikutip dari buku Pembelajaran Seni Tari di Indonesia dan Mancanegara oleh Arina Restian.

7. Tari Kancet Papatai

Tarian daerah Kalimantan Timur ini berisi gerakan penuh semangat dan gesit yang diikuti pekikan penari. Tari Kancet Papatai berkisah tentang pahlawan suku Dayak Kenyah berperang melawan musuh. Tari ini diiringi lagu Sak Paku dan alat musik sampe.

Penari tari Kancet Papatai menggunakan pakaian tradisional suku Dayak Kenyah. Penari juga menggunakan peralatan perang seperti mandau, perisai, dan baju perang.

8. Tari Gong

Tari gong dikenal juga sebagai tari Kancet Ledo. Tarian daerah Kalimantan Timur ini menggambarkan perempuan yang lemah lembut. Penari mengenakan pakaian adat Dayak Kenyah sambil memegang rangkaian bulu burung enggang.

9. Tari Leleng

Tari Leleng merupakan tarian daerah Kalimantan Timur khas masyarakat suku Dayak Kenyah. Tari Leleng bercerita tentang perempuan bernama Utan Along yang melarikan diri ke hutan karena dipaksa menikah oleh orang tuanya dengan laki-laki yang tidak ia cinta. Tari ini diiringi nyanyian lagu Leleng.

10. Tari Belian Bawo

Tari Belian Bawo merupakan tarian daerah Kalimantan Timur dari suku Dayak Benuaq. Tari ini semula berasal dari upacara Belian Bawo yang bertujuan untuk menolak dan mengobati penyakit, membayar nazar, dan lain-lain. Tari ini lalu disajikan di acara penerimaan tamu dan acara kesenian.

Selanjutnya tarian daerah Kalimantan Tengah



Simak Video "Tarian Magellu, Tari Gembira Penyambut Tamu Tana Toraja Sulawesi Selatan"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia